• Sabtu, 18 September 2021

Sempurna Ibadah Ramadhan, Lanjut Puasa Syawal Begini Keutamaannya

- Sabtu, 15 Mei 2021 | 17:40 WIB
Suasana Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Baiturrahman, Singaparna, Kamis (13/05/2021). (Ade Anton)
Suasana Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Baiturrahman, Singaparna, Kamis (13/05/2021). (Ade Anton)

KABAR RAKYATRamadhan adalah bulan yang suci kini telah meninggalkan kita. Bulan yang juga penuh keberkahan telah usai, kini telah terbit syawal. Namun, bagi sebagian umat islam, khususnya mereka yang sanggup beribadah tanpa terikat keadaan, suasana Ramadhan masih membekas dalam hati mereka, entah bersama Covid-19 maupun tidak, Ramadhan tahun ini mudik atau tidak.

 

Semuanya sama saja, sama-sama mulia karena adanya bulan Ramadhan.   Kenikmatan ibadah di bulan Ramadhan adalah anugerah besar yang diberikan Allah subhanahu wata’ala. Terutama puasa sebagai ibadah yang paling istimewa di bulan tersebut. Puasa sebagai satu-satunya ibadah yang pahala nya hanya Allah sendiri yang tahu. 

 

Oleh karena itu, sebagian kaum muslimin ada yang melanjutkan puasa sehari setelah Idul Fitri, yaitu puasa enam hari di bulan Syawal.   Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:  

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ  

“Siapa saja yang berpuasa Ramadhan, kemudian dilanjutkan dengan enam hari di bulan Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun” (HR Muslim).  

 

Dengan melaksanakan puasa sunnah Syawal kita akan mendapatkan keutamaan berupa pahala puasa setahun sebagaimana disebutkan dalam hadits di atas.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X