• Sabtu, 12 Juni 2021

Pengecatan Irigasi Pengairan di Seneporejo Berpolemik

- Jumat, 11 Januari 2019 | 13:26 WIB
Foto. Irigasi pengairan sawah (Jaenudin)

KABARRAKYAT.ID – Kasak kusuk pengecatan pintu irigasi milik Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi menggunakan alokasi dana desa (ADD), di Desa Seneporejo, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi terjawab.

Menurut masyarakat petani setempat mengatakan memang bangunan pintu air milik Dinas Pengairan Kabupaten Banyuwangi. Tapi kalu servis pengecetan pintu air yang melakukan pihak Desa Seneporejo, Kecamatan Siliragung. Adapun dana yang digunakan pengecatan menggunakan anggaran dana swadaya masyarakat petani

Dengan informasinya yang senter di kalangan masyarakat biaya pengecetan pintu air terlalu banyak sekali ini yang jadi pertanyaan masyarakat Desa Seneporejo.

“Kalau anggaran pengecetan pintu air yang jelas masyarakat masih kurang paham, apakah anggaran Dana Desa (DD)  atau menggunakan anggaran aloaksi Dana Desa (ADD)  tersebut, kemungkinan yang lebih tahu pihak Desa Seneporejo,” kata sumber petani yang enggan disebut identitasnya, Jum’at (11/1/2019).

Ketika dikonfirmasi Kepala Desa Seneporejo melalui Sekdes  Agus Supriadi diruang kerja menerangkan bahwa anggaran Dana servis pintu air menggunakan anggaran secara swadaya masyarakat petani.

Dan anggaran pengecetan pintu air. Milik pengairan tidak menggunakan anggaran Dana Desa (DD)  juga tidak menggunakan anggaran aloaksi Dana Desa (ADD)

Jadi anggaran untuk pengecetan pintu air irigasi ini memang  murni swadaya masyarakat petani yang ada di Desa Seneporejo, Kecamatan Siliragung."Sedangkan anggaran dana cservis pengecetan pintu air irigasi dikerjakan di lokasi 10 titik pintu air tahun 2018.

"Sedangkan anggaran dana swadaya ada sisa uang  pengecetan pintu air dibagi  kepada Jokoterto dan Hippa, "entah berapa besar kecilnya uang sisanya, yang penting dibagikan kepada Jokoterto dan Hippa.

karena selama ini beberapa Jokoterto dan Hippa keluhan bekasak ke Pemerintah Desa, katanya upah bekasak dari petani masih kurang," ujarnya.

Reporter: Din/Jaenudin

Editor: Choiri

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

Program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Jatim

Jumat, 11 Juni 2021 | 18:00 WIB

Lokakarya UPTD Puskesmas Mangunreja Tasikmalaya

Jumat, 11 Juni 2021 | 14:51 WIB
X