BPJS Kesehatan Tingkatkan Peserta Dengan Aplikasi

REDAKSI
- Rabu, 6 Desember 2017 | 22:14 WIB
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan


BANYUWANGI - BPJS Kesehatan Banyuwangi memunculkan program kreatif di era digital saat ini, yaitu aplikasi Mobile JKN yang dengan mudah dapat di download melalui HP android.


Hernina, Kepala BPJS Cabang Banyuwangi mengatakan, dengan adanya aplikasi itu masyarakat yang akan mendaftar sebagai peserta tak perlu lagi harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Namun cukup dilakukan di rumah dengan melengkapi segala persyaratan yang dibutuhkan, seperti KTP, KK, rekening dan lain sebagainya.


“Di dalam aplikasi ini ada menu pendaftaran, ubah data peserta, premi, mengenai skrining serta pengaduan keluhan,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Banyuwangi, Hernina, Rabu (06/12).


Proses regristrasi untuk menjadi perserta BPJS Kesehatan melalui aplikasi ini dapat dilakukan dengan cepat. Sedangkan kartu kepesertaan nantinya akan dikirim oleh pihak BPJS ke alamat peserta yang telah mendaftar secara online tersebut.


Dengan adanya terobosan ini, BPJS Kesehatan berharap mampu memenuhi target hingga 90 persen warga Kabupaten Banyuwangi menjadi peserta.


“Sebab hingga saat ini hanya 50 persen lebih warga Banyuwangi yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan,” jelasnya.


Namun sayang aplikasi ini hanya dapat digunakan oleh warga yang memiliki HP andoid. Sedangkan warga yang tak memilikinya maka tidak bisa menggunakan aplikasi yang diklaim bakal mampu meningkatkan jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan.


Terlebih, saat Alfian Firdaus, salah satu warga Banyuwangi mencoba aplikasi baru ini, terjadi hal yang tak dipahami. Padahal dia hendak mendaftarakan diri sebagai anggota BPJS Kesehatan.


“Saya mencoba mendaftar, tapi yang muncul nama saya sebagai kepala keluarga, padahal saya masih ikut dalam KK orang tua, karena saya belum menikah” keluhnya.

Halaman:

Editor: REDAKSI

Terkini

X