• Sabtu, 1 Oktober 2022

Polres Banyuwangi Bagi 10 Ton Air Bersih ke Korban Banjir

- Minggu, 14 Januari 2018 | 22:26 WIB
Kapolres AKBP Donny
Kapolres AKBP Donny

BANTUAN: Polres Banyuwangi bantu 10 ton air bersih. Kapolres AKBP Donny bersama Ketua Bhayangkari (ft. Siswanto)


KABARRAKYAT, BANYUWANGI - Polres Banyuwangi suplai 10 ton air bersih terhadap warga yang terdampak banjir. Air bersih sebanyak 10 ton tersebut diangkut menggunakan mobil water cannon. Bantuan air bersih terus dilakukan hingga kebutuhan air bersih warga terdampak banjir tercukupi.

Kali ini terlihat berbeda, mobil water cannon Polres Banyuwangi yang biasa digunakan untuk menghalau massa saat demontrasi, nampak lebih familier dengan korban banjir pesanggaran.

Suplai air bersih dilaksanakan di Dusun Silirbaru dan Dusun Pancer Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran langsung dikomando Kapolres Banyuwangi AKBP, Donny Adityawarmana.

Tampak puluhan galon milik warga yang mengantri mendapatkan air bersih tersebut sejak pagi hari.

Baca juga: Kapolres dan Pimpinan DPRD Siap Kerjasama Bangun Banyuwangi

AKBP Donny Adityawarman menyatakan, kami sengaja manfaatkan mobil water cannon yang dimiliki Polres Banyuwangi, untuk menyuplai air bersih terhadap warga yang sedang membutuhkan bantuan kita.

Jumlah air bersih yang disuplai pihak Polres Banyuwangi, sebanyak 10 ton, sesuai kapasitas mobil water cannon.

Paeno (kenthung) salah seorang warga yang ikut mengantri air bersih bantuan dari Polres Banyuwangi, mengatakan keperluan air bersih sangat dibutuhkan.

Pasca banjir itu sumur milik warga tidak bisa dipergunakan untuk kebutuhan mandi dan dikonsumsi karena penuh lumpu akibat terkena banjir. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari - hari, warga terpaksa harus membeli air bersih pergalon Rp 3500.

Telah diberitakan, musibah banjir menerjang 5 Desa diwilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi Selatan. Pemicunya sungai Gonggo yang dikenal warga Kali Uluh tidak mampu lagi menampung debit air akibat hujan deras. Air meluber dengan cepat masuk kerumah penduduk. Wilayah 5 desa yang terendam banjir, Desa Pesanggaran, Sumberagung, Sumbermulyo, Kandangan dan Sarongan Kecamatan Pesanggaran.

Selain itu, ada dua jembatan ambrol yang merupakan jalur transporasi penduduk di Dusun pancer Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran. Setidaknya ada kurang lebih 130 kepala keluarga yang terancam terisolir.

Reporter : Siswanto

Editor : Choiri

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X