• Sabtu, 31 Juli 2021

Tarif Sewa Stand Pasar dan Terminal Blambangan

- Sabtu, 2 Desember 2017 | 18:50 WIB
Tarif Sewa Stand Pasar dan Terminal Blambangan
Tarif Sewa Stand Pasar dan Terminal Blambangan


Harganya Bisa Mahal dan Bisa Murah



BANYUWANGI - Ingin tahu berapa rupiah pedagang di Pasar  dan Terminal Blambangan sewa stand untuk berdagang? Beberapa pedagang tradisional dijumpai KABARRAKYAT.ID mengatakan, harga sewa stand tergantung tempatnya. Makin strategis sudah tentu makin mahal, kisaran 6 hingga 20 juta rupiah per stand.


Siwon, pedagang kopi yang lokasinya berada di dalam Pasar dan Terminal Blambangan mengatakan, dia memiliki dua stand yang tempatnya berdampingan. "Dua stand harganya sekitar 12 Juta. Dibeli sekitar 15 tahun lalu. Artinya satu unit stand dihargai  6 jutaan. Harga itu, belum termasuk bayar pajak, retrubusi, kebersihan dan denda jika telat membayar pajak," ungkap Siwon.


Per tahun, kata Siwon, jika telat bayar pajak, pedagang harus bayar denda 2 persen dari nilai tunggaan. Pedagang diwajibkan bayar retribusi sebesar 180 ribu," ungkap Siwon.


Nantinya, apabila pedagang sudah membayar lunas, pedagang akan mendapat bukti surat atau kontrak hak guna bangunan. Jadi, nanti apabila kasus sengketa Terminal Blambangan berlarut hingga penggusuran pedagang. Pedagang tetap terikat dan tetap mendapat jatah tempat sesuai kontrak yang sudah ada.


Pembayaran tersebut diserahkan kepada salah seorang petugas dari Dinas Perhubungan Banyuwangi. "Kita kan berdagang ikut di Terminal Blambangan. Jadi kita bayarnya kepada petugas dari terminal," pungkasnya.




Reporter : Fattahur

Editor: Kabar Rakyat

Terkini

X