Landraad Kantor Pengadilan Masa Kolonial Banjoewangi

- Minggu, 31 Desember 2017 | 04:15 WIB
coverTD copy
coverTD copy

-
Photo:Istimewa/Munawir

RAKYAT, TEMPOE DOELOE - Di masa kolonial Pengadilan sering berlangsung di kantor dan kediaman Pendopo bupati Sebab,pengadilan kala itu tidak sering terjadi, dan tidak diadakan setiap hari, maka biasanya diadakan di kantor Pendopo

UU Hukum Belanda di pengadilan disesuaikan dengan hukum adat yang berkaitan dengan hukum Islam. Karenanya, pengadilan yang terdakwanya warga pribumi harus didampingi oleh seorang kadi yang menguasai hukum fiqih (agama Islam).
Pengadilan kolonial tidak mengenal pembela melainkan saksi dan tuduhan dibacakan dalam bahasa Belanda dan didampingi oleh penerjemah.

Bila di pengadilan terdakwa tidak terbukti bersalah, dia akan dibebaskan.Apabila si tertuduh menyangkal atas perbuatannya yang dituduhkannya, maka sang kadi akan bertanya, "Apa kamu berani sumpah akan dikutuk Allah bila berdusta?" Biasanya si terdakwa tidak berani berbohong.

Pada tahun 1929 di Banjoewangi Pernah ada kasus Pembunuhan seorang karyawan Belanda dari perusahaan Perkebunan Kopi yang tewas dibunuh. Pembunuhan ini nyaris memicu kerusuhan sosial sehingga mendapatkan perhatian secara nasional.banyak Koran belanda memberitakan pembunuhan ini

Pada tanggal 27 November 1929 proses persidangan dilaksanakan yang diketuai oleh R. Soeprapto.beliu salah satu jaksa agung terbaik saat itu. sepak terjangnya di dunia penegak hukum membuktikan kepiawaian dan ketegasan yang terpuji

LANDRAAD BANJOEWANGI atau si jaman jepang di kenal KEIZEI HOOIN BANJOEWANGI dahulu pernah  difungsikan sebagai GEDUNG ARSIP PN. BANYUWANGI.

Hingga saat ini di sekitaran Landraad dinamai dengan Jalan Jaksa Agung Suprapto.beliau pernah bertugas di Surabaya, Semarang, Demak, Purworejo, Bandung, Singaraja, Denpasar sampai Mataram (Pulau Lombok). Kepala Landraad Cheribon-Kuningan, dilanjutkan dan Salatiga-Boyolali.

Diasuh : Munawir/Aktifis Sejarah tentang Banyuwangi

Baca juga : Cak Imin Berwisata di Banyuwangi “Alamnya Indah Semua Ada Disini”

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

X