• Minggu, 27 November 2022

Hujan Deras, Dua Bangunan SD di Probolinggo Ambruk

- Selasa, 13 Februari 2018 | 20:33 WIB
IMG_20180213_200842
IMG_20180213_200842

BNPB Kabupaten Probolinggo cek lokasi, (Foto Richad)


KABARRAKYAT, PROBOLINGGO - Dua bangunan SDN di Kabupaten Probolinggo,Jawa Timur, ambruk akibat hujan deras yang mengguyur wilayah ini.

Selain hujan, penyebab lain kontruksi baja ringan dibagian atap tidak mampu menahan beban berat. Atap bangunan SDN 2 Palang Besi, Kecamatan Lumbang ambruk akibat diguyur hujan deras. Beruntung dalam kejadian ini berlangsung sore hari hingga tidak menimbulkan korban.

Baca juga :

Kejadian serupa juga terjadi di Kecamatan Dringu. Atap bangunan SDN kelas 3 Sumbersuko pada Jumat (9/2) lalu.

Kejadian dua bangunan SDN di dua kecamatan itu dibenarkan pihak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo,Dewi Korina. Menurutnya, penyebabnya adalah cuaca buruk sehingga atap bangunan itu roboh.

"Yang terparah di SDN Palang Besi dan tadi pagi tim BPBD telah membangun tenda darurat sebanyak 6 buah. Tenda ini sementara agar siswa tetap belajar di sekolah. Sementara itu yang bisa kami lakukan sambil menunggu proses renovasi bangunan SDN Palang Besi dan SDN Sumbersuko juga dikakukan hal yang sama," jelas Dewi Korina yang langsung melalukan sidak di lokasi tersebut.

Ada 76 siswa yang harus belajar di tenda darurat. Sedianya, 3 ruang kelas yang kondisi atapnya aman akan dimanfaatkan untuk siswa yang tidak memiliki ruang kelas itu.

"Jika memungkinkan tiga ruang kelas akan kita sekat untuk siswa yang tidak memiliki ruang belajar," imbuh Dewi.

Kuswanto guru SDN Sumbersuko me jelaskan, jika atap kayu ruang kelas 3 A sudah rapuh. Kondisi hujan deras yang sering turun menyebabkan atap bangunan ini ambruk.

" Ya untung pas kejadian 22 siswa di kelas tersebut sudah pulang," kata Kuswanto.

Kuswanto membayangkan jika peristiwa terjadi pada saat sibuk jam belajar. Sudah pasti akan timbul korban pada murid. "Ini semua berkat karena kuasa Allah SWT," imbuh Kuswanto.

Reporter/editor : Richard

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

X