ASDP Siapkan Kendaraan Listrik Layanan Penumpang

- Minggu, 24 Desember 2017 | 21:30 WIB
ASDP Layanan
ASDP Layanan

KABARRAKYAT, BANYUWANGI - PT. ASDP Indonesia Ferry, di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menyediakan dua unit kendaraan layanan bagi penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru 2018. Dua unit kendaraan mini itu diperuntukkan bagi penumpang yang membawa barang dalam jumlah besar atau penumpang yang kondisi fisiknya kurang sehat.

“Kendaraan ini menggunakan tenaga baterai, sehingga ramah lingkungan,” ujar General Manager PT ASDP Ketapang Banyuwangi, Elvi Yosa, Minggu (24/12/17).

Penyediaan dua unit mobil layanan itu menurutnya merupakan inovasi yang dilakukan pihak ASDP untuk memberikan layanan yang lebih maksimal kepada masyarakat yang hendak menuju ke Bali atau arah sebaliknya. Sehingga masyarakat merasa lebih nyaman saat melakukan perjalanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

Bagi masyarakat yang menggunakan fasilitas tersebut juga tak dikenakan biaya sebagaimana menggunakan kendaraan umum, sehingga masyarakat tak perlu merogoh dana tambahan.

Satu unit kendaraan layanan yang disedikan ASDP Ketapamng Banyuwangi ini mampu menampung hingga 8 penumpang.

Dua unit kendaraan layanan itu secara resmi telah diperkenalkan oleh pihak ASDP Ketapang Banyuwangi kepada sejumlah awak media, Minggu siang (24/12/17).

Telah diberitakan, saat ini, demi keamanan dan kenyamanan penumpang yang hendak menyebrang ke Bali maupun sebaliknya ke Jawa, pihak ASPD sudah menyiapkan layanan khusus.

General Manager PT ASDP Ketapang Indoesia Ferry Cabang Ketapang Elvi Yoza mengatakan, mulai 22 Desember 2017 sampai 2 Januari 2018 ASDP Ketapang menyiapkan sejumlah fasilitas sepertihalnya mendirikan Posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk keperluan informasi dikedua jalur penyeberangan Ketapang maupun Gilimanuk.

Kemudian, untuk memantau perjalanan kapal mulai dari Ketapang menuju Gilimanuk serta sebaliknya dapat dipantau dari Ship Traffick Control (STC) yang berada di ASDP Ketapang. Dari ruang STC, pihaknya juga mengoperasikan alat pendeteksi kapal yakni Automatic Identification System (AIS) dan navigasi Kapal yang sangat berguna dan mampu mengetahui pergerakan kapal, memantau cuaca, kecepatan angin sampai ketinggian gelombang.

“Kapal-kapal yang memiliki AIS bisa kita pantau posisi dan pergerakannya. Misal kapal bergerak ke Gilimanuk kita bisa tahu lokasinya dan mampu menjangkau sampai di radius 100 mil lebih,” cetus Elvi.

Reporter : Irham

Baca juga : Antisipasi Lonjakan Penumpang, ASDP Oprasi 32 Kapal Ferry

Baca juga : ASDP Lengkapi Fasilitas Pengamanan dan Penyeberangan ke Bali

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

X