• Sabtu, 15 Mei 2021

Melalui Musik Dangdut HIPMI Kabupaten Probolinggo Gandeng Konjen AS

- Selasa, 12 Maret 2019 | 18:49 WIB
Foto : HIPMI Kabupaten Probolinggo undang musisi dangdut Cowboys dari Amerika. 

KABARRAKYAT.ID – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Probolinggo melakukan upaya trobosan memanfaatkan hubugan bilateral dalam membangun jaringan bisnis dengan Konjen Amerika di Surabaya. Upaya mencari peluang usaha di di negeri paman Sam diawali degan hubungan kebudayaan.

Di era serba digital memungkinkan semua orang melakukan bisnis dengan negara-negara luar. Dan peluang masih sangat terbuka menjual produk domestik ke negara lain. HIPMI Kabupaten Probolinggo misalnya mencoba memanfaatkankan hubungan bilateral Indonesia-Amerika sebagai jalan mengembangkan sektor usaha.

“ Kami berkehendak mencari peluang usaha dengan memanfaatkan hubungan 70 tahun antara Indonesia – Amerika dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki Kabupaten Probolinggo. Awalnya, kita pendekatan budaya yang lebih memudahkan kita melakukan interaksi dengan Konjen Amerika di Surabaya. Kedepan bisa ditingkatkan ke sektor usaha jika memang ada potensi kesana”, kata Intan Cahya Kurniasari ketua HIPMI Kabupaten Probolinggo.

Nampaknya Kunjungan HIPMI ini mendapat respon positip dari pihak Konjen AS di Surabaya. Ditandai dengan kehadiran mahasiswa musik alumni fakultas Pittburgh and CMU USA yang tengah tour di tiga kota di Indonesia.

“Pihak Konjen AS menawarkan kerjasama kebudayaan melalui kelompok musik Cowboys,menariknya bergenre musik dangdut. Tawaran iku langsung kita sambut dengan senang hati sebagai awal hubungan kami dengan Komjen AS”tutur Intan Cahya.

Penampilan Dangdut Cowboys adalah group Band asal Amerika Serikat yang terilhami atmosfir musik dangdut cukup memakau 500 undangan yang Hadir di gedung Islamic Center di Kraksaan, Senin malam (11/3/2019).

Tak kurang 12 lagu Dangdut era 80-an dinyayikan sang vokalis Andrew N. Weintraub, yang juga seorang profesor musik di University of Pittsburgh. Lalu, Stephen Schultz pada seruling, John Bagnato pada gitar, Samuel Boateng pada keyboard dan Meghan Hynson pada vokal.

Meski terkesan sedikit aneh karena aksen mereka, namun kemampuan mereka di panggung cukup mewakili rasa dangdut Indonesia. Tau lah orang kita begitu musik menggema undangan pun lari ke depan panggung langsung berjoget ria.

-
Foto : Drs. H. Hasan Aminuddin anggota DPR RI hadiri pengukuhan Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo mendampingi wakil bupati Timbul Prihanjoko.

Genre dangdut terasa Amerika begitu kental. Warna musik rock country, blues, dan R&B begitu kentara masuk dalam harmonis Dangdut yang dibawakan kelompok Cowboys ini.

“ Ya ya rasa dangdut nya terasa R&B dan blues saat lagu Terajana, sangat kental. Kalau urusan cengkok rasa bule banget,”ungkap Wakil Bupati Timbul Prihanjoko yang hadir dalam undangan.

Bahkan acara Konser musisi Cowboys dangdut Amerika ini dihadiri Ketua DPP Partai Nasdem Bidang agama dan Adat Drs. H. Hasan Aminuddin yang juga anggota DPR RI.

Konser Dangdut Cowboys makin hidup saat berkalaborasi dengan musik patroli, dari dewan kesenian Kabupaten Probolinggo yang kebetulan dibarengi dengan pengukuhan pengurus baru dengan ketua terpilih H. Helmi Hasani.

“Moment ini bagus untuk mengembangkan kesenian di Kabupaten Probolinggo. Orang Amerika mau belajar tentang musik asli Indonesia, kenapa generasi muda disini tidak berani mengembangkan diri dalam berkesenian. Adanya dewan kesenian menjadi wadah orang muda untuk mengembangkan kreatifitas dan itu positip sekaligus membanggakan daerah", kata wakil bupati Timbul Prihanjoko.

Timbul juga mengaku respek dan berharap peran HIPMI mampu mendorong pertumbuhan usaha di kabupaten Probolinggo.

“Banyak potensi yang dimiliki Kabupaten Probolinggo di sektor Parawisata, pertanian dan Kelautan yang perlu sama-sama kita dorong meningkatkan percepatan pembangunan ekonomi disini. HIPMI bisa menempatkan perannya bersama Pemkab Probolinggo”,tutupnya.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

16 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Tiba di Indonesia

Kamis, 25 Maret 2021 | 19:34 WIB
X