• Minggu, 27 November 2022

Ratusan Warga Demo Kebijakan Kades Pesanggaran

- Kamis, 21 Februari 2019 | 20:15 WIB
Foto: Warga Pesanggaran demo kebijakan desa (Jaenudin)

Program Kanggo Riko Dipersoalkan


KABARRAKYAT.ID – Sedikitnya ratusan warga Desa/Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi menggelar aksi demo di kantor pemerintahan desa (Pemdes), Kamis (21/2/2019). Mereka menuding pengelolaan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) yang dikelola Pemdes Pesanggaran, kurang transparan.

Mereka membawa poster bernada kritikan pada pemerintahan desa setempat. Dan salah satu poin tuntutannya meminta pejabat Pemdes Pesanggaran mundur dari jabatan kepala desa.

“Kami datang dari beberapa dusun. Warga curiga pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa tidak transparan,” kata Sukarno (40) warga Dusun Ringinmulyo desa setempat.

Masih kata Sukarno, warga gerah dan bersama-sama menyampaikan aspirasi langsung dengan berdemo dan ingin menjumpai Kepala Desa Pesanggaran, Sukirno. Yang disoal warga pendemo, adalah kurang transparannya Program Kanggo Riko, yakni bantuan langsung pada warga tidak mampu, dalam bentuk permodalan usaha, yang dibiayai program Dana Desa.

https://youtu.be/5XwE3tA-VkM

Dana Kanggo Riko, kata Sukarno, diduga warga tidak berjalan sesuai dengan prosedur.  “Kami ingin kepala desa turun dari jabatannya,” ujarnya.

Pendemo lainnya, Warasto  (48) menegaskan dana#kanggo riko yang diperuntukan warga miskin tidak dikelola dengan baik dan kurang tepat sasaran. Ia juga menyampaikan program  Kanggo Riko tahun 2018 senilai Rp. 100 juta, tidak sepenuhnya diberikan kepada warga yang kurang mampu.

“Seharusnya warga kurang mampu mendapat Rp 2,5 juta per orang, Namun karena disunat oleh kades warga kurang mampu hanya mendapatkan dana#kanggo riko sebesar Rp 1,5 juta saja,” cetusnya.

Oleh karena itu, warga melakukan aksi demontrasi untuk mengetahui kejelasan dana#kanggo riko itu. Mereka menuntut Kades Pesanggaran memberi penjelasan yang sebenarnya.

Aksi demo berjalan damai tanpa anarkis. Petugas kepolisian juga terlihat mengamankan jalannya pernyampaian aspirasi pada pemerintah desa setempat.

Reporter: Din/Jaenudin

Editor: Coi/Choiri

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

X