• Sabtu, 31 Juli 2021

Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Bondowoso

- Senin, 11 Februari 2019 | 21:40 WIB
Foto: Rumah rusak usai diterjang puting beliung

KABARRAKYAT.ID - Puluhan rumah rusak setelah dihempas angin puting beliung. Peristiwa itu meninpa rumah penduduk di Dusun Mangir, Desa Wonosari, Kecamatan Grujugan, Bondowoso. 10 rumah diantaranya rusak cukup parah di bagian atap. Beruntung tidak ada korban jiwa. Karena saat kejadian warga menyelamatkan diri ke tempat aman.

Informasi diterima, Minggu petang (10/2/2019), angin puting beliung datang dari arah utara. Kemudian merusak apapun yang dilewatinya. Tak hanya atap rumah. Beberapa pohon dan rumpun bambu juga di porak-porandakan.

Warga setempat, bernama Basar (47) mengatakan peristiwa terjadi pukul 17.00 wib. Datangnya angin bersamaan dengan cuaca mendung. Sehingga warga berhamburan keluar rumah. Pusaran angin tidak cepat berpindah. Hanya berputar-putar di dusun mangir.

Atap rumah warga yang terbuat dari asbes. Seng maupun genteng dibawa angin ini. Sekitar 20 menit. Pusaran angin meninggalkan lokasi pemukiman. Namun paska kejadian. Hujan turun sangat deras membuat warga kebingungan menyelamatkan barang. Karena atap rumah sudah rusak.

Tim gabungan dari BPBD Kabupaten Bondowoso, TNI dan Polri datang kelokasi. Mereka melakukan penyisiran dan perbaikan rumah, pada Senin pagi (11/2/2019). Total rumah rusak akibat puting beliung sejumlah 45 rumah. 10 diantaranya kondisinya rusa cukup parah.

Ayib Rasidi Kabid Kesiapsiagaan Kedaruratan BPBD bondowoso mengatakan beruntung tidak ada korban jiwa akibat bencana ini. Karena seluruh warga berhasil menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.

Reporter: Yons

Editor: Choiri

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

Satgas Covid 19 Jamanis Kukuhkan Tim Pemulasaran

Jumat, 30 Juli 2021 | 05:49 WIB
X