• Kamis, 27 Januari 2022

Penertiban APK Tebang Pilih! Perindo Banyuwangi Protes Ke Bawaslu

- Kamis, 13 Desember 2018 | 18:53 WIB
Perindo Protes
Perindo Protes

Foto: Pengurus DPD Partai Perindo Banyuwangi ditemui komisioner Bawaslu

KABARRAKYAT.ID - Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu Legislatif tahun 2019 yang dilakukan Bawaslu bersama jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Kabupaten Banyuwangi diprotes Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Pasalnya peneriban APK dinilai tidak merata dan cenderung tabang pilih.

Wakil Ketua DPD Perindo Banyuwangi, Alex Budi Setiyawan,SH.MH mengatakan, banyak calon legislatif (Caleg) dari Partai Perindo yang mengadu ketidakadilan penertiban APK yang dilakukan oleh Bawaslu bersama Satpol PP.

“ Caleg kita telepon, balihonya  berjajar dengan baliho caleg dari partai lain dianggap melanggar aturan, namun yang ditertibkan hanya milik caleg Perindo lainnya tidak diambil, makanya kita protes karena itu aset partai, “ ucap Alex saat dikonfirmasi Kabar Rakyat, Kamis (1/12/2018).

Menurut Alex, dari 19 caleg Partai Perindo di 5 (lima) daerah pemilihan, ada sekitar 46 APK berupa baliho dan spanduk yang ditertibkan. DPD Perindo Banyuwangi berharap kepada  Bawaslu untuk tidak membeda-bedakan partai yang baru lahir dengan partai yang telah lama berkiprah.
Baca juga:


“ Kita ini kan partai baru, partai yang baru lahir, tapi jangan di anak tirikan, dibedakan dengan partai yang telah lama hadir, kita sama-sama jalan, Bawaslu harus adil dalam menegakkan aturan, “ ucapnya.

Sementara Koordinator divisi penindakan pelanggaran#Bawaslu Banyuwangi, Anang Luqman Afandi,S.Sos menyampaikan, pihaknya dalam penertiban APK kemarin tidak tebang pilih. Tetapi karena keterbatasan SDM  dan luasnya wilayah, penertiban belum secara keseluruhan selesai.

“ Kita pastikan penertiban APK, tidak tebang pilih, baliho maupun spanduk yang melanggar aturan akan kita tertibkan, bail milik parpol lama ataupun parpol baru, “ pungkas Anang Lukman melalui sambungan telepon selulernya.

Anang Luqman menambahkan, Bawaslu pekan depan,juga akan melakukan penertiban APK yang terpasang di Billboard atau papan reklame berbayar, dibeberapa sudut kota Banyuwangi. Selain itu, juga akan menertibkan Bahan Kampanye berupa stiker ataupun branding citra diri caleg di beberapa kendaraan umum.

Reporter : Hariyadi

Editor : Coi/Choiri

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

X