• Sabtu, 31 Juli 2021

Antisipasi Rawan Bencana, Tindakan Mitigasi Diaktifkan Polres Probolinggo

- Senin, 3 Desember 2018 | 13:36 WIB
ancaman bencana
ancaman bencana

Foto : Kapolres Probolinggo AKBP. Eddwi Kurniyanto saat meninjau lokasi bencana puting beliung di Kecamatan Krejengan belum lama ini. 

KABARRAKYAT.ID - Menghadapi perubahan musim Kapolres Probolinggo mulai mengaktifkan mitigasi kebencanaan. Upaya dini ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya rawan bencana di sejumlah titik di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Pasca bencana angin puting beliung yang melanda 6 Desa Di kecamatan Krejengan, November lalu, Kapolres Probolinggo AKBP. Eddwi Kurniyanto mengingatkan jajaran terus melakukan evaluasi daerah rawan bencana.
Evaluasi daerah rawan bencana penting untuk minimalisir adanya korban jiwa maupun materi. Ada sejumlah titik rawan longsor yang kerap terjadi di daerah pegunungan diantaranya, Kecamatan Sukapura, Sumber, Pakuniran, Krucil dan Tiris.

Sementara daerah rawan banjir diantaranya, Pakuniran, Kuripan, Bantaran, Dringu yang memiliki laur sungai besar.

"Saat ini sudah mulai musim penghujan, kami perlu memantau titik rawan tanah longsor dan banjir khususnya untuk kawasan rawan bencana. Evaluasi daerah rawan bencana itu penting khususnya tindakan mitigasi", ungkap Kapolres AKBP. Eddwi Kurniyanto, Senin(3/12/2018).

Masih kata Eddwi, masyarakat dititik rawan bencana banjir dan tanah longsor setidaknya mempersiapkan diri dan tetap waspada akibat perubahan musim hujan. Tindakan mitigasi kebencanaan harus selalu disosialisikan agar masyarakat paham dan memahami upaya penyelamatan diri bila ada bencana alam.

"Polsek-polsek sudah kami aktifkan untuk memantau situasi dan rencana antisipasi bila mana terjadi becana dan pola koordinasi dengan pihak terkait. Jajaran juga kami siapkan untuk tetap siaga bencana menghadapi musim penghujan tahun ini dan Polri siap hadir ditengah - tengah masyarakat", jelas AKBP. Eddwi Kurniyanto.

Mengawali dinas sebagai Kapolres Probolinggo AKBP. Eddwi Kurnianto, langsung menggelar aksi sosial membantu korban bencana puting beliung di Dusun Semar, Desa Rawan, Kecamatan Krejengan,Kamis (22/11/2018) lalu. Aksi kapolres Probolinggo mematik perhatian warga saat membantu membantu membersihkan puing-puing rumah Supriyadi(51), yang ambruk diterjang puting beliung.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

Waspadai 'Pihak' yang Memanfaatkan Isu Ijen

Sabtu, 24 Juli 2021 | 00:24 WIB
X