• Minggu, 27 November 2022

Festival Jaranan Trenggalek 2018 Penarik Wisata

- Selasa, 28 Agustus 2018 | 02:07 WIB
Festival Jaranan Trenggalek
Festival Jaranan Trenggalek

Festival#Jaranan#Trenggalek 2018, dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Dr H Jarianto, M.Si


KABARRAKYAT.ID – Seni budaya Festival#Jaranan#Trenggalek 2018 untuk memperingati Kemerdekaan Indonesia ke-73 dan Hari Jadi Kabupaten#Trenggalek ke-824 makin meriah. Kegiatan tiga hari berturut itu, jadi daya tarik wisatan.

Sekedar tahu, di Kabupaten#Trenggalek kesenian jaranan berkembang pesat, bahkan muda-mudi sangat menggemari seni tradisional ini. Bahkan beberapa sekolah menerapkan kesenian ini sebagai ekstrakurikuler sekolah. Tak hanya itu, secara rutin tiap tahun Kota  Keripik tempe ini menyelenggarakan festival jaranan, yang tidak ada di kabupaten maupun kota lainnya.

Hampir semua jenis jaranan dikompetisikan dalam festival tersebut. Karena hanya#Trenggalek yang sangat konsen dalam festival jaranan ini.

Baca juga:

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Dr H Jarianto, M.Si saat dikonfirmasi menyatakan untuk mendorong festival jaranan#Trenggalek menjadi festival jaranan nasional merupakan suatu kewajiban dan keharusan.

"Bagaimana icon yang menarik di suatu daerah itu harus kita dorong menjadi icon yang lebih besar. Salah satu diantaranya yang patut kita dorong itu adalah festival jaranan itu. Belum ada Kabupaten atau Kota yang punya ide tentang festival jaranan ini. Saya rasa tidak keliru#Trenggalek itu kita dorong dan kita angkat, festival jaranan itu kita angkat menjadi festival jaranan nasional dan terbuka untuk umum", ungkapnya.

"Terkait mengenai festival digelar, Saya bersyukur sekali, bahwa#Trenggalek kembali bisa menyelenggarakan festival jaranan. Sedangkan jaranan sendiri merupakan kesenian yang sangat membanggakan di Jawa Timur. Trenggalek dianggap suatu daerah yang paling sukses melestarikan kesenian jaranan ini. Trenggalek mempunyai tari jaranan Turonggo Yakso," lanjut Joko.

"Harapan kami dengan Festival, kesenian jaranan bisa terpelihara estitikanya  khususnya diTrenggalek dan Tetapi juga untuk menempatkan#Trenggalek sebagai daerah wisata di tingkat nasional", pungkasnya.

Reporter: Rudi

Halaman:

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

X