• Kamis, 27 Januari 2022

KPU Beri Ruang Publik Menilai Calon Sementara Legeslatif

- Rabu, 8 Agustus 2018 | 18:31 WIB
Komisioner KPU Suherman
Komisioner KPU Suherman

Komisioner#KPU Suherman


KABARRAKYAT.ID -  KPU Banyuwangi membuka ruang publik masyarakat untuk memantau dan memberi masukan terhadap Daftar Calon Sementara (DCS) anggota legislatif Pemilu Tahun 2019 yang akan diumumkan tanggal 12 hingga 14 Agustus 2018 mendatang.

“Rencana, DCS diumumkan media. Setelah itu ada waktu masyarakat untuk memberikan tanggapan atau masukan terhadap#Bacaleg, “ ucap Suherman saat dikonfirmasi KABARRAKYAT.ID dikantornya, Rabu (08/08/2018).

Suherman menjelaskan, tanggapan ataupun masukan dari masyarakat kepada#Bacaleg harus tertulis, dan ditujukan kepada#KPU Banyuwangi, disertai kartu identitas yang dapat dipertanggungjawabkan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“ KPU akan merahasiakan identitas masyarakat yang akan memberikan tanggapan atau masukan, “ungkap Suherman.

Selanjutnya jika tanggapan masyarakat tersebut berhubungan dengan berkas administrasi persyaratan#Bacaleg, KPU akan menghubungi pimpinan Partai Politik agar dapat mengundanghadirkan#Bacaleg ke#KPU untuk proses klarifikasi.

Baca juga: 98 Persen Anggota DPRD Terdaftar Bacaleg Pemilu 2019

“ KPU akan menanyakan kepada#Bacaleg, betul atau tidak tanggapan yang disampaikan oleh warga tersebut, “ ungkapnya.

Jika hasil klarifikasi tanggapan ataupun masukan masyarakat tersebut dinilai tidak benar oleh#Bacaleg dimaksud, maka yang bersangkutan bisa mengikuti proses selanjutnya.

“ Kalau hasil klarifikasi tanggapan masyarakat terbukti dan mengakibatkan berkas persyaratan tidak memenuhi syarat, maka#KPU akan memberitahu pimpinan Parpol untuk segera menganti Bacalegnya, “ tegas Suherman.

Halaman:

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

X