• Selasa, 24 Mei 2022

Kesadaran Warga Tak Buang Sampah di Sungai Srono, Rendah!

- Kamis, 2 Agustus 2018 | 13:17 WIB
Sungai di Srono kumuh
Sungai di Srono kumuh

Samph rumah tangga warga Srono genangi sungai


KABARRAKYAT.ID - Kesadaran warga untuk tidak membuang sampah di sungai ternyata masih sangat rendah. Seperti yang terlihat pemandangan sampah menumpuk di aliran sungai wilayah Kecamatan Srono, Banyuwangi.

Diketahui aliran sungai tersebut terletak pada batas antara dua Kecamatan, yaitu; Desa Kebaman, Kecamatan Srono dengan Desa Sarimulyo, Kecamatan Cluring. Menurut informasi dari warga sekitar, bahwa kondisi sungai yang dipenuhi sampah tersebut sudah berlangsung lama.

"Banyak sekali pengendara yang langsung membuang sampah seenaknya saja dari pengendara motor dan mobil," keluh Fikri kepada KABARRAKYAT.ID pada Kamis (02/08/2018).

Saking banyaknya sampah di aliran tersebut membuat sungai mengalami pendangkalan, sampah yang menumpuk dan mengotori aliran sungai berasal dari sampah rumah tangga warga.

Baca juga:

"Terkadang sampah yang dibuang berupa sampah rumah tangga dan popok bayi. Selain mengeluarkan bau tidak sedap, sampah tersebut juga menyumbat saluran air," ujarnya.

Warga sekitarnya juga mengeluhkan adanya sampah tersebut, "saya merasa risih dengan banyaknya sampah di sungai tersebut, meski sudah ada papan larangan dilarang buang sampah di sungai, namun semua itu dihiraukan saja," cetus Rizky.

Harapan warga terkait sampah disungai tersebut segera cepat teratasi, "percuma pemerintah menggalakkan Program Kali Bersih, tapi warganya tidak sadar dengan apa yang dilakukan selama ini," pungkas Rizky.

Reporter: Rohman

Halaman:

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

X