• Minggu, 19 September 2021

Motor KLX Disikat Sahabat Pakai kunci Duplikat

- Jumat, 18 Mei 2018 | 21:14 WIB
Barang bukti berupa mesin motor hasil curian
Barang bukti berupa mesin motor hasil curian

Barang bukti diamankan Polisi

KABARRAKYAT.ID, BANYUWANGI - Punya kunci duplikat,  Sukma Adam Prayoga (19) warga Kelurahan Kertosari, Kecamatan Banyuwangi tega curi motor Kawasaki KLX Nopol P 6257 YS warna hitam milik sahabatnya sendiri yakni, Ahmad Andika (18) warga Dusun Krajan, Desa Bedewang, Kecamatam Songgon.

Kapolsekta Banyuwangi, AKP Ali Masduki menjelaskan, pihaknya telah mengamankan tersangka beserta barang bukti mesin dan rangka motor yang sudah diprotoli.

Tersangka mengaku sudah merencanakan aksinya beberapa hari sebelum kejadian. Kala itu, pelaku meminjam motor korban dan memfoto kunci motor untuk membuat duplikatnya. "Kunci duplikat itulah yang digunakan utuk mencuri motor KLX milik Andika," ujar Kapolsek saat ditemui di kantornya, Jum'at (18/5/2018).

Dalam aksinya yang terjadi pada bulan April ini, pelaku memanfaatkan kelengahan korban yang saat itu sedang berada di dalam kamar kos di sekitaran Jl. Kepiting Banyuwangi.
Baca juga :


Tepatnya ketika Andika hendak berkunjung ke tempat kos Sukma dan waktu itu Sukma beralibi kepada korban masih dalam perjalanan dari Srono menuju tempat kosnya. Padahal, Diketahui pelaku sedang berada di sekitaran Banyuwangi. Saat Andika berada dalam kos, Sukma lantas melancarkan aksinya mencuri motor milik Andika yang sedang diparkir.

Selang satu bulan setelah kejadian, polisi mendapat laporan ada motor KLX dijual via online. Polisi yang menyamar sebagai pembeli itu mengetahui jika kondisi motor telah dikanibal dan dijual terpisah, mulai dari rangka, body motor, dan mesin. Untuk Karburator dijual dengan harga Rp. 450 ribu, sedangkan body motor dijual seharga 7,5 juta. Dan akhirnya, polisi langsung meringkur saat pelaku melakukan transaksi dengan polisi yang menyamar sebagai pembeli.

Atas perbuatannya ini, pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan hukuman penjara paling lama 7 tahun lamanya.

Reporter : Fattahur 

Editor : Coi/Choiri

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

Inilah Designer Replika Moge Raksasa dari Limbah Ban

Sabtu, 18 September 2021 | 19:04 WIB

KAI Buka Lowongan Kerja Untuk Berbagai Formasi

Sabtu, 18 September 2021 | 18:05 WIB

Jawa Timur Masuk Level 1 Assessmen Pertama Indonesia

Sabtu, 18 September 2021 | 15:21 WIB

Menjaga Imunitas Tubuh Saat Musim Hujan

Sabtu, 18 September 2021 | 08:41 WIB
X