• Senin, 3 Oktober 2022

Pemkab Jember Garap Perda Sampah, Dorong Pengelolan Lebih Produktif

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 16:50 WIB
Bupati Jember Hendy Siswanto bersama dinas terkait usai meninjau lokasi pengelolaan sampah di Pakusari (Istimewa)
Bupati Jember Hendy Siswanto bersama dinas terkait usai meninjau lokasi pengelolaan sampah di Pakusari (Istimewa)

KABAR RAKYAT, Jember – Bupati Hendy Siswanto simbolis menyerahkan  paket bantuan para pemulung sampah di TPA Pakusari, 27 Aguatus 2021.

Kesempatan itu, Bupati Hendy menyampaikan TPA Pakusari dikelola baik kondisinya rapi, bahkan ada taman bermain, spot foto, namun masih perlu peningkatan pengolahan sampah lebih lanjut.

"Seetidaknya ada 160 ton sampah setiap hari di TPA Pakusari ini. Program untuk bersihkan sampah dari hulu dan hilir dengan melibatkan warga. Mendatang pengelolaan sampah di TPA Pakusari akan dikembangkan," ungkap Bupati Hendy.

Baca Juga: Kepolisian Timsus Maung Galunggung Amankan Para Remaja Pesta Minuman Keras

Baca Juga: Percepat Vaksinasi, Testing dan Tracing, 70 Nakes Daftar Sebagai Relawan Penanganan Covid-19 Banyuwangi

Bupati Hendy mengaku saat ini pihaknya sedang merumuskan Perda Sampah sebagai landasan hukum manajemen pengelolaan sampah di Kabupaten Jember.

Hendy meminta dinas terkait menciptakan sistem terintegrasi dalam pengelolaan sampah ini, dan akan membuatkan inovasi untuk pemanfaatan sampah.

“Kita juga akan gandeng stakeholder dari Prancis, jadi mereka akan membersihkan sungai. Sungai itu dibendung dengan alat yang ringan jadi sampahnya akan mengendap, mereka akan membersihkan sendiri dan akan dikelolanya tapi tetap bersama-sama dengan masyarakat sekitar,” jelas Bupati Hendy.

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X