• Senin, 6 Desember 2021

BPBD Sukabumi Info Hari Ini Sirine Bencana Tsunami Diuji Coba ‘ Mohon Jangan Panik’

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 03:15 WIB
Alat deteksi bencana Tsunami BPBD Kab Sukabumi (Rusdi/Kabar Rakyat)
Alat deteksi bencana Tsunami BPBD Kab Sukabumi (Rusdi/Kabar Rakyat)

KABAR RAKYAT, Sukabumi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi memberitahukan rencana uji coba sirine tanda terjadi bencana alam akan dibunyikan, pada hari, Kamis (26/8/21). Alat deteksi bencana dipasang daerah Desa Citepus dan Gedung Pusat Informasi Geopark.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani mengatakan, bahwa test sirine tsunami tersebut akan dilakukan tanggal 26 Agustus 2021, hari Kamis.

“Diperkirakan, test sirine Tsunami bencana tersebut akan dimulai sekitar pukul 10. 00 WIB. Terdengar beberapa radius saja di wilayah Sukabumi,” kata Anita, Rabu (25/8/21).

Baca Juga: Alumni Akpol 2000 Sanika Satyawada Banyuwangi Gelar bakti Sosial Berbagi Senyum Untuk Negeri

Baca Juga: Sebanyak 1400 Imigran di Kawasan Cisarua Bogor Belum Divaksin

Menurutnya, hal tersebut dilakukan, untuk mengetahui apakah alat ini berfungsi dan terintegrasi ke BPBD sebagai pusat pengendali. Lalu, ke depannya akan terus diujicobakan setiap tanggal 26.

“Tanggal 26 dipilih karena secara nasional tanggal 26 dijadikan hari kesiapsiagaan nasional mengenai tsunami dan gelombang tinggi. Masyarakat hanya diimbau lebih waspada dan tidak percaya kepada HOAX,” ujarnya.

Untuk itu, Anita mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang berada di pesisir pantai jangan panik jika tiba-tiba mendengar suara sirine tersebut. "Jangan panik jika tiba-tiba mendengar suara sirine tsunami," himbaunya.***

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Bencana Erupsi Semeru

Senin, 6 Desember 2021 | 18:41 WIB
X