• Selasa, 9 Agustus 2022

Aliansi Umat Beragama Batal Demo, Polresta Banyuwangi Proses Pengaduan LDII

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 15:58 WIB
Perwakilan Aliansi Umat Beragama, Halili Abdul Gani usai audensi dengan Kpolresta Banyuwangi berserta jajaran
Perwakilan Aliansi Umat Beragama, Halili Abdul Gani usai audensi dengan Kpolresta Banyuwangi berserta jajaran

KABAR RAKYAT,Banyuwangi - Polresta Banyuwangi terus mendalami aduan yang dilayangkan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) soal dugaan intoleransi. Kasus dugaan pelanggaran ujaran kebencian, penistaan agama, serta pelanggaran Undang - Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) ini ditangani Unit Tindak Pidana Khusus Satuan Reserse Kriminal Polresta Banyuwangi.

Beberapa orang dari pengurus LDII Banyuwangi telah dimintai keterangan oleh aparat. Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi AKP Mustijat Priyambodo menjelaskan,  pihak teradu sudah dipanggil untuk dimintai klarifikasi.

"Sudah pernah kita panggil sekali. Ada rencana untuk memanggil teradu kembali," tegas AKP Mustijat, kepada wartawan di Mapolresta Banyuwangi.

Baca Juga: Berita Banyuwangi Truk 'Jalan Sendiri' Terperosok Selokan Gus Tinem Bikin Heboh

Saat ini, polisi masih melakukan penyelidikan. Aparat butuh pendalaman untuk mencari unsur pidana dalam dugaan ujaran kebencian dan pelanggaran UU ITE yang diadukan oleh LDII.

"Kasus ini masih aduan. Pengadunya ada dua, pihak LDII dan Aliansi Umat Beragama. Sekarang masih tahap penyelidikan," tukasnya.

Dan pada hari ini, Kamis (19/8/2021), digelar pertemuan tertutup antara Aliansi Umat Beragama (AUB) dengan jajaran Polresta Banyuwangi. Dari AUB dipimpin oleh Holili Abdul Gani. Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu didampingi Kabagops Kompol Agung Setyobudi, Kasat Intelkam Kompol Edi Priswanto dan Kasat Reskrim AKP Mustijat Priyambodo menemui AUB di ruangan Satuan Intelkam.

Baca Juga: Pegiat IPNU IPPNU Kabat Gelar Penghayatan Detik-Detik Proklamasi di Jalan Nasional

"Tadi Kasat Reskrim telah menyampaikan, proses hukum sedang berjalan dan pihak teradu telah dipanggil dan dimintai keterangan. Dalam waktu dekat akan dilakukan gelar perkara," ujar Holili usai pertemuan.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Terkini

DPC Laskar Sholawat Nusantara Bondowoso Dilantik

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:50 WIB

DPRD Banyuwangi Ajukan Dua Raperda Inisiatif

Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:50 WIB
X