DPRD Kabupaten Banyuwangi Menerima Kunjungan Studi Wisata Siswa dan Guru SD Negeri 5 Benculuk

- Rabu, 25 Januari 2023 | 07:52 WIB
DPRD Banyuwangi menerima kunjungan studi wisata siswa dan guru SD Negeri 5 Benculuk (Hariyadi)
DPRD Banyuwangi menerima kunjungan studi wisata siswa dan guru SD Negeri 5 Benculuk (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - DPRD Kabupaten Banyuwangi menerima kunjungan studi wisata pelajar, kali ini dari SDN 5 Benculuk. Kehadiran puluhan orang siswa SDN 5 Benculuk  ini didampingi langsung oleh Kepala Sekolah dan guru pengajar, Selasa (24/01/2023).

Kunjungan belajar kali ini diterima anggota Komisi IV DPRD Banyuwangi, Sofiandi Susiadi didampingi Made Swastiko yang  dengan sangat antusias menerima langsung studi wisata para siswa ini dan berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi siswa.

“ Melalui studi wisata ini harapannya dapat meningkatkan motivasi dan kompetensi siswa dalam rangka mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas serta memberikan wawasan tentang Tugas,Fungsi dan Wewenang DPRD Kabupaten Banyuwangi ,” ucap Sofiandi Susiadi.

Baca Juga: PUDAM Banyuwangi Raih Nilai Tertinggi Kinerja Nasional dari Kementerian PUPR

Dalam pertemuan studi wisata, secara detail Sofiandi Susiadi menjelaskan, tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) Dewan, serta alat-alat kelengkapan yang ada di DPRD Kabupaten Banyuwangi.

DPRD Kabupaten Banyuwangi Masa Jabatan Tahun 2019-2024 berjumlah 50 (lima puluh) orang merupakan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 dari 5 Daerah Pemilihan, yang berasal dari 9 (sembilan) Partai Politik.  Setiap Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi terwadahi dan bergabung ke dalam fraksi-fraksi yang berjumlah 7 (tujuh) Fraksi.

“DPRD Kabupaten Banyuwangi sesuai peraturan perundangan-undangan menjalankan 3 (tiga) Fungsi DPRD, yaitu Fungsi Pembentukan Perda, Fungsi Anggaran dan Fungsi Pengawasan. Untuk dapat menjalankan fungsi DPRD tersebut, DPRD Kabupaten Banyuwangi memiliki alat-alat kelengkapan Dewan yaitu Unsur Pimpinan DPRD, Badan Musyawarah, Badan Anggaran, Badan Pembentukan Perda, Badan Kehormatan dan Komisi-komisi.” jelasnya.

Baca Juga: 3 Latihan untuk Turunkan Lemak Perut, Lakukan Workout Rumahan ini!

Selanjutnya acara di sesi terakhir diisi dengan diskusi dan tanya jawab antara siswa dan Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi. Para siswa sangat antusias mengikuti sesi diskusi dan tanya jawab dengan Anggota DPRD.

Sementara Kepala Sekolah SDN 5 Benculuk, Gunawan mengaku sangat senang karena anak didiknya diberikan kesempatan untuk berkeliling gedung DPRD Banyuwangi dan mempelajari tugas dan fungsi dewan

“Semoga silaturahmi ini bisa terus terjalin, mudah-mudahan ini jadi pengalaman dan pelajaran untuk murid kami,” ungkapnya.

Gunawan mengatakan alasan dipilihnya DPRD Banyuwangi menjadi program pembelajaran langsung ke lapangan (Study wisata) karena sesuai dengan misi lembaga pendidikannya, yakni memupuk jiwa kepemimpinan sejak dini.

“Karena kita punya misi menjadi leadership, jadi kami memilih kesini untuk mengetahui cara kerja, fungsi, hak dan kewajiban jika kelak mereka menjadi wakil rakyat,” tandasnya.***

 

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Tanda Hubungan Rusak dan Tidak dapat Anda Perbaiki

Selasa, 7 Februari 2023 | 21:34 WIB
X