Tak Hanya Orang Obesitas, Diabetes Juga Bisa Serang Orang Kurus, ini Penjelasannya

- Selasa, 24 Januari 2023 | 20:49 WIB
Tak Hanya Orang Obesitas, Diabetes Juga Bisa Serang Orang Kurus, ini Penjelasannya (Pixabay/Pexels)
Tak Hanya Orang Obesitas, Diabetes Juga Bisa Serang Orang Kurus, ini Penjelasannya (Pixabay/Pexels)

KABAR RAKYAT - Kenyataannya tak hanya orang obesitas yang juga gampang terserang diabetes, tapi orang kurus juga punya peluang, ini penjelasannya.

Obesitas dan diabetes tipe 2 sangat erat kaitannya satu sama lain, sehingga setiap kali kita berbicara tentang diabetes, kita cenderung berpikir bahwa obesitas atau kelebihan berat badan adalah penyebab dan penyerta diabetes tipe 2 yang tak terhindarkan. 

Ada bentuk diabetes lain yang biasanya tidak terkait dengan obesitas. Ini termasuk diabetes tipe 1, diabetes onset usia muda, diabetes pankreas fibrokalkulus dan banyak bentuk genetik diabetes. Sebagian besar bentuk diabetes yang kurang umum ini cenderung terjadi pada orang dengan berat badan normal atau kurus.

Baca Juga: 4 Cara Usir Jerawat Batu yang Bandel, Oleskan Minyak Rumah ini Pasti Sembuh

Perlu dan penting mengetahui indeks masa tubuh untuk menentukan berat badan ideal kamu.

Indeks Massa Tubuh (BMI) biasanya digunakan untuk mengukur berat badan. BMI dihitung dengan membagi berat badan seseorang (dalam kilogram) dengan kuadrat tinggi badan seseorang dalam meter.

Sebagai contoh, jika seseorang memiliki tinggi 170 cm dan berat 75 kg, BMI-nya adalah 75/1,7 *1,7 = 25,9. BMI antara 18,5 hingga 22,9 dianggap sebagai berat badan ideal . BMI antara 23,0-24,9 dianggap kelebihan berat badan , dan BMI 25 ke atas dianggap obesitas.

Kadang-kadang, diabetes tipe 2 juga dapat terjadi pada mereka yang kurus atau kurus, yaitu pada orang yang kekurangan gizi dengan BMI <18,5 juga.

Baca Juga: 6 Gejala Kamu Menderita Diabetes, Mulai dari Rasa Lapar yang Berlebihan hingga Moody

Sebelumnya diabetes pada orang kurus dianggap sebagai bentuk terpisah dari diabetes yang disebut ' Malnutrition Related Diabetes Mellitus (MRDM)', yang juga disebut 'Diabetes Mellitus Defisiensi Protein atau PDDM'.

Setelah penelitian bertahun-tahun, entitas ini dikeluarkan dari semua klasifikasi karena tidak memiliki penanda pasti untuk mendefinisikannya.

Jadi, orang yang didiagnosis menderita 'MRDM' sebenarnya mungkin menderita diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2 kurus.

Baca Juga: 4 Penyebab Diabetes yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Terlalu Mager

Dalam pengembangan penelitian besar baru-baru ini, kami mengklasifikasikan diabetes tipe 2 menjadi empat subtipe.

Halaman:

Editor: Egi Nurcahyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Tanda Hubungan Rusak dan Tidak dapat Anda Perbaiki

Selasa, 7 Februari 2023 | 21:34 WIB
X