• Senin, 5 Desember 2022

Volume Sampah di Banyuwangi Masih Tinggi, Capai 1.245 Ton Per Hari

- Rabu, 23 November 2022 | 06:37 WIB
Tim DLH Banyuwangi saat meninjau TPA di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. (Hariyadi)
Tim DLH Banyuwangi saat meninjau TPA di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Volume sampah di Kabupaten Banyuwangi masih tinggi,  berdasarkan catatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  saat ini mencapai 1.245  ton per hari yang didominasi sampah anorganik seperti halnya plastik.

"Kita perhitungannya masih asumsi ya, berdasarkan SNI, di Banyuwangi volume sampah mencapai 1.245 ton per hari ," ucap Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuwangi, Dwi Handayani, Selasa (22/11/2022).

Dwi mengatakan, penanganan sampah, khususnya plastik adalah sampah yang sulit terurai dan butuh waktu lama untuk bisa hancur.

Baca Juga: Begini Rekomendasi DPRD Banyuwangi Untuk Atasi Bencana Banjir di Kecamatan Kalibaru dan Glenmore

Oleh karenanya, DLH menyiapkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) terpusat untuk menampung dan mengolah sampah organik, anorganik, maupun residu. Pembangunan TPA itu ditargetkan mulai dikerjakan tahun 2023 di lahan seluas 15 hektar di Desa Sidodadi dan Sidowangi, Kecamatan Wongsorejo.

"Saat ini masih dalam proses pengurusan di Kementerian ATR untuk mengeluarkan lahan sawah dilindungi (LSD) yang akan digunakan sebagai Landfill sampah," katanya.

Sembari menunggu TPA Sidodadi siap difungsikan, DLH menyewa lahan bekas galian C milik warga di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Dengan biaya sewa senilai Rp 17 juta per tahun.

"Ini masih berjalan 3 bulanan. Jadi nanti bayarnya kita sesuaikan. Jadi tidak dihitung tahun tapi dikonversi sesuai lama penggunaan," bebernya.

Baca Juga: Biar Naik Kelas, Banyuwangi Fasilitasi Endorsement Foto dan Video Gratis UMKM

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Kembali Meletus , Hujan Abu Meluas

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:46 WIB

KPU RI Luncurkan Maskot dan Jingle Pemilu 2024

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:42 WIB
X