• Senin, 5 Desember 2022

KPU Banyuwangi Presentasikan 3 Skema Pemekaran Dapil ke KPU Propinsi Jawa Timur.

- Selasa, 22 November 2022 | 14:22 WIB
Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banyuwangi, Ari Mustofa  (Hariyadi)
Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banyuwangi, Ari Mustofa (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi mempresentasikan usulan pemekaran atau penataan daerah pemilihan (Dapil) kepada KPU Provinsi Jawa Timur. Ada 3 skema rancangan dapil telah disampaikan, termasuk membawa usulan dari 3 partai politik tingkat kabupaten.

Divisi Teknis KPU Banyuwangi, Ari Mustofa mengatakan, pekan lalu pihaknya telah melakukan presentasi 3 rancangan penataan Dapil. Rinciannya, 1 rancangan existing (yang ada) terdiri 5 Dapil berdasar pemilu terakhir, 2 lainnya dari hasil kajian internal KPU yang mengakomodir usulan dari tiga parpol beberapa waktu lalu.

“Setelah kami kemarin sudah melakukan presentasi di depan KPU Provinsi, hari ini 21, 22, 23 KPU Provinsi melakukan presentasi di depan KPU RI terkait 3 rancangan awal,” ucapp  Ari Mustofa kepada media, Senin (21/11/2022).

Baca Juga: KPU Banyuwangi Akan Segera Bentuk Badan Ad Hoc Pemilu 2024 melalui Aplikasi SIAKBA.

Setelah dilakukan pembahasan, KPU RI akan memberikan hasilnya kepada KPU tingkat kabupaten dan mengumumkan kepada publik rancangan awal tersebut. Baru kemudian akan dilakukan uji publik bersama seluruh stakeholder.

Selanjutnya dari hasil uji publik dan diskusi bersama stakeholder, termasuk parpol, akan dilaporkan kembali kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Jatim.

“Sehingga nanti KPU Provinsi dan KPU RI punya sandingan dari rancangan awal ini. Daya tolak atau daya dukung dari masyarakat, parpol, dari lain sebagainya itu bagaimana. Kalau ada usulan dari parpol kami lampirkan juga. Setelah itu sudah menjadi kewenangan KPU RI untuk menetapkan setelah berkoordinasi dengan Komisi II DPR RI,” paparnya.

Beberapa waktu yang lalu, KPU Banyuwangi menerima usulan dari 3 parpol terkait pemekaran Dapil. Seluruh usulan, kata dia, telah diakomodir. Kendati demikian, KPU memiliki sistem Sidapil yang didalamnya menentukan komposisi kecamatan, alokasi kursi dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mulai 20 Nopember 2022, KPU Rekrut Badan Ad Hoc Penyelenggara Pemilu Tahun 2024

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Kembali Meletus , Hujan Abu Meluas

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:46 WIB

KPU RI Luncurkan Maskot dan Jingle Pemilu 2024

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:42 WIB
X