• Senin, 5 Desember 2022

BPJS Ketenagakerjaan bersama Dinas Perikanan Sinergi Angkat Sektor Perikanan melalui Festival Nelayan Tangguh

- Selasa, 22 November 2022 | 14:03 WIB
Kepala BPJamsostek Banyuwangi, Eneng Siti Hasanah (lima ke kanan) berfoto bersama setelah secara simbolis menyerahkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada nelayan/BPJamsostek
Kepala BPJamsostek Banyuwangi, Eneng Siti Hasanah (lima ke kanan) berfoto bersama setelah secara simbolis menyerahkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada nelayan/BPJamsostek

KABAR RAKYAT - BPJS Ketenagakerjaan dengan Dinas Perikanan sinergi angka potensi perikanan melalui ajang Festival Nelayan Tangguh yang diadakan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang digelar secara menarik di Pantai Grand Watu Dodol (GWD), Banyuwangi, Selasa (21/11/2022).

Dengan tema Nelayan Tangguh Banyuwangi berupaya mengangkat potensi serta beragam program peningkatan sektor perikanan.

Berbagai potensi sektor perikanan antara lain, budidaya perairan, produk olahan, hingga kreativitas para nelayan ditampilkan dalam ajang tersebut. Seperti upaya konservasi terumbu karang, pengelolaan sampah pesisir, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Pengadilan Agama Banyuwangi Daftarkan Pekerja Non ASN Dalam Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

"Festival ini adalah bentuk apresiasi Pemkab untuk para nelayan yang telah berkontribusi besar terhadap perekonomian dan pembangunan Banyuwangi. Sekaligus menjadi ajang promosi untuk memasarkan potensi perikanan Banyuwangi," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang hadir secara virtual dalam kegiatan tersebut.

Dengan panjang garis pantai yang mencapai 175,8 km, Pemkab terus melakukan intervensi program untuk optimalisasi sektor perikanan baik dari sisi SDM hingga penguatan ekonominya. Mulai, melakukan konservasi ekosistem laut, pengembangan pariwisata, hingga membantu perekonomian daerah.

Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi Alief Rachman Kartiono menjelaskan, rangkaian kegiatan ini digelar sejak beberapa bulan lalu. Adapun rangkaian kegiatannya meliputi, lomba video kreatif Kelompok Usaha Bersama (KUB), camp nelayan, dan out bond antar KUB, kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas), kelompok budidaya perikanan dan (Pokdakan). Ada juga pameran potensi perikanan tangkap, pameran potensi budidaya air tawar dan payau, pameran dan bazar produk olahan perikanan, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: BPS Daftarkan Petugas Regsosek Dalam Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

"Pemkab bekerja sama dengan banyak pihak untuk mendorong kesejahteraan SDM nelayan daerah. Di antaranya BPJamsostek, Aruna serta BMKG. Kita juga didukung Food Agriculture Organization (FAO) dari PBB yang mendampingi ibu-ibu nelayan membuat berbagai produk olahan ikan," kata Alief.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: BPJamsostek

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Kembali Meletus , Hujan Abu Meluas

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:46 WIB

KPU RI Luncurkan Maskot dan Jingle Pemilu 2024

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:42 WIB
X