Begini Rekomendasi DPRD Banyuwangi Untuk Atasi Bencana Banjir di Kecamatan Kalibaru dan Glenmore

- Selasa, 22 November 2022 | 07:27 WIB
Wakil Ketua DPRd Banyuwangi,Ruliyono,SH saat memberikan keterangan pers terkait rekomendasi dewan kepada Bupati untuk penangulanggan banjir (Hariyadi)
Wakil Ketua DPRd Banyuwangi,Ruliyono,SH saat memberikan keterangan pers terkait rekomendasi dewan kepada Bupati untuk penangulanggan banjir (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi memberikan rekomendasi kepada Bupati guna melakukan upaya penanganan tanggap kedaruratan sekaligus aksi progresif pencegahan bencana banjir khususnya di wilayah Kecamatan Kalibaru dan Glenmore.

Wakil ketua DPRD, Ruliyono dalam keterangan persnya menyampaikan, rekomendasi dewan diterbitkan berdasarkan hasil observasi lapangan dan kesepakatan bersama antara dewan, stakeholder dan elemen masyarakat pemerhati lingkungan dalam rapat dengar pendapat umum (RDP) yang digelar DPRD Banyuwangi pada tanggal 14 Nopember 2022 lalu.

Dan kesepakatan bersama tersebut,antara lain masalah kemanusiaan atau keselamatan masyarakat Banyuwangi harus ada di atas segalanya.

Baca Juga: Wakapolresta AKBP Didik Hariyanto Sidak Pelayanan Samsat Banyuwangi

Bencana Banjir di Kalibaru, Glenmore dan ditempat lain di Banyuwangi, selain memang karena faktor bencana akibat curah hujan yang tinggi, namun setelah  ditelisik lebih dalam, ternyata lebih disebabkan oleh tangan manusia. 

“kondisi lahan yang berubah ekstrim dari yang semula berisi jenis atau komoditi tanaman keras sebagai penyangga, telah beralih ke tanaman produksi khususnya tanaman tebu yang  rapuh terhadap daya hujan dan erosi. Dan saat ini masif dilakukan oleh pengelola kebun maupun pengusaha perorangan tanpa ada kajian mendalam , “ ucap Ruliyono

Selain itu, bencana banjir dan potensi tanah longsor juga disebabkan kurang atau hilangnya tegakan berupa tanaman penyangga pada lahan  yang memiliki kemiringan tertentu pada Kawasan Perhutani baik yang dikerjasamakan dengan masyarakat, LMDH maupun kawasan Hutan produksi yang dikelola Perhutani.

"Setidaknya ada delapan rekomendasi untuk Bupati agar menjadi atensi dalam mengatasi banjir ini sudah ditandatangani empat pimpinan dewan tertanggal 18 Nopember 2022 ," ucap Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi ini.

Baca Juga: Biar Naik Kelas, Banyuwangi Fasilitasi Endorsement Foto dan Video Gratis UMKM

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X