Mulai 20 Nopember 2022, KPU Rekrut Badan Ad Hoc Penyelenggara Pemilu Tahun 2024

- Jumat, 18 November 2022 | 07:46 WIB
Ketua KPU RI saat memberikan keterangan pers/kpu.go.id
Ketua KPU RI saat memberikan keterangan pers/kpu.go.id

KABAR RAKYAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan rekrutmen jajaran Badan Ad Hoc Pemilu Tahun 2024 untuk PPK dan PPS secara bekelanjutan mulai tanggal 20 November 2022. 

Hal ini disampaikan Ketua KPU RI, Hasyim Asyari saat memberikan keterangan pers terkait pembentukan Badan Ad Hoc penyelenggaran Pemilu Tahun 2024 untuk PPK dan PPS, Kamis (17/11/2022) di Gedung KPU Jakarta.

Hasyim mengatakan, seperti halnya pemilu, setiap kegiatan ada tahapannya. Untuk pembentukan badan ad hoc misalnya, yakni mulai dari meriviu, mengevaluasi keberadaan badan ad hoc Pemilu 2019 dan Pilkada 2020.

Baca Juga: KPU Banyuwangi Akan Segera Bentuk Badan Ad Hoc Pemilu 2024 melalui Aplikasi SIAKBA.

“Semua tahapan tersebut dijadikan bahan untuk mengevaluasi, mereviu, dan menata ulang penyusunan peraturan KPU badan ad hoc, termasuk menyiapkan juknisnya,” kata Hasyim.

Terkait juknis, Hasyim meminta untuk mencermatinya kembali, karena secara subtansi juknis yang saat ini sudah jadi adalah juga dokumen hukum. Oleh karena itu, teks dalam juknis tidak boleh ada kesalahan ketik atau typo, sehingga juknis ini bisa menjadi bekal penyelenggara untuk digunakan dalam tahapan rekrutmen badan ad hoc.

Dijelaskan, inovasi berupa SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc) dalam proses pembangunannya, KPU telah melakukan uji coba internal, kemudian KPU juga telah menggelar sosialisasi, bimtek yang menjelaskan tentang pengenalan aplikasi SIAKBA, serta pelatihan teknis penggunaan aplikasi SIAKBA kepada operator KPU kabupaten/kota.

“Pendaftaran akan mulai di atas tanggal 20 November, jumlah kecamatan kita kan ada 7.266 (Kemendari 2022_red). Jumlah itu untuk PPKnya, termasuk di Papua walaupun istilahnya lain, distrik. Kemudian untuk desa kelurahan, jumlahnya juga banyak,” jelas Hasyim.

Baca Juga: Proses Rekrutmen Panwascam Diduga Langgar Kode Etik, Komisioner Bawaslu Banyuwangi Dilaporkan ke DKPP

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: kpu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X