• Kamis, 23 September 2021

Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021 di Banyuwangi Ditunda

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 14:57 WIB
Kepala Bagian Tata Kelola Pemerintahan Desa Sekkab Banyuwangi, Narowi
Kepala Bagian Tata Kelola Pemerintahan Desa Sekkab Banyuwangi, Narowi

KABAR RAKYAT,Banyuwangi - Pelaksanaan Pilkades seretak tahun 2021 di Kabupaten Banyuwangi yang telah dijadwalkan pada tanggal 11 Agustus 2021 mendatang ditunda.

Penundaan pemilihan Kepala Desa tersebut berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri RI No. 141/3170/BPD tentang penundaan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak dan pemilihan antar waktu se Jawa-Bali.

Kepala Bagian Tata Kelola Pemerintahan Desa Setkab Banyuwangi, Norawi mengatakan, sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri No. 15 tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat covid-19 di wilayah Jawa dan Bali.

Baca Juga: ODGJ di Banyuwangi Divaksinasi Covid-19

“ Dalam diktum kelima instruksi Menteri Dalam Negeri mangatur bahwasanya Gubernur, Bupati dan Walikota melarang setiap bentuk kegiatan atau aktifitas yang dapat menimbulkan kerumunan < “ ucap Narowi kepada Kabar Rakyat, Selasa (03/08/2021) di DPRD Banyuwangi.

Sehingga berkenaan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melakukan penundaan pelaksanaan tahapan Pilkades serentak maupun pemilihan antar waktu yang berpotensi menimbulkan kerumunan seperti pengambilan tes tertulis Cakades, pengambilan nomor urut, kampanye calon, pemungutan suara hingga pelantikan Kepala Desa terpilih dalam rentang waktu pelaksanaan PPKM Level 4 sampai ditetapkan kebijakan lebih lanjut.

Baca Juga: Perubahan Keempat Perda Retribusi Jasa Umum Mulai Dibahas Pansus DPRD Banyuwangi

“ Untuk desa yang melaksanakan Pilkades tahun 2021 diharap untuk menunggu kebijakan lebih lanjut , “ ucap Narowi , “ ucapnya.

Sekedar diketahui desa-desa yang akan menggelar Pilkades ada 8 desa yang tersebar di tujuh kecamatan yakni Desa Kedunggebang Kecamatan Tegaldlimo, Desa Gambiran Kecmatan Gambiran, Desa Tegalarum Kecamatan Sempu, Desa Sumbersari Kecamatan Srono, Desa Sumberanyar Kecamatan Wongsorejo, Desa Licin dan Desa Jelun Kecamatan Licin.***

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Terkini

X