Donor Darah Hari Kesehatan Nasional di Desa Rejoagung, Kecamatan Srono, Banyuwangi diserbu warga

- Sabtu, 5 November 2022 | 18:47 WIB
Kegiatan donor darah dalam rangka Hari Kesehatan Nsional di Rumah Donor Rejoagung (Hariyadi)
Kegiatan donor darah dalam rangka Hari Kesehatan Nsional di Rumah Donor Rejoagung (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Antusias warga patut mendapat acungan jempol. Betapa tidak, 150 kantong darah yang disediakan Palang Merah Indonesia (PMI) Banyuwangi penuh hanya dalam waktu satu jam saja. Donor darah kali ini dilakukan dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional ke-58.

Kegiatan kemanusiaan ini dilaksanakan di Rumah Donor Rejoagung bekerja sama dengan PMI Banyuwangi, Sabtu, 5 November 2022. Kegiatan ini dibuka mulai pukul 12.00 WIB. Tak butuh waktu lama, kuota 150 pendonor sudah terpenuhi.

“Tadi kita buka jam 12.00 WIB, ini pukul 13.15 menit sudah habis kantong darahnya,” jelas Koordinator Rumah Donor Rejoagung, dr. Khusnul Imama. 

Baca Juga: Polisi Bekuk Pria Asal Desa Gumirih Singojuruh yang Perkosa Ibu Rumah Tangga saat Bertamu

Dia menambahkan, kegiatan donor daerah kali ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November 2022 mendatang. Para pendonor yang datang, menurutnya, berasal dari beberapa Kecamatan di Banyuwangi.

“Jadi tidak hanya dari wilayah Kecamatan Srono saja, ada dari Kecamatan Kota Banyuwangi, Kalipuro dan juga Glagah,” jelasnya.

Sebenarnya, menurut perempuan yang biasa dipanggil dokter Ima ini,  banyak calon pendonor yang sudah terlanjut datang namun tidak bisa dilayani. Sebab dari PMI, stok kantong darah hanya dibatasi maksimal 150 kantong saja.  Ini

“Karena petugas PMI yang terbatas. Sehingga pengambilan donor darah hanya dilakukan 150 kantong saja. Banyak sekali yang tidak terakomodir,” jelasnya.

Baca Juga: Lepas Kontingen POPDA Jatim 2022, Wabup Sugirah Berpesan Jaga Sportivitas

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X