Konvoi 1300 Kendaraan Motor Lisrik di Surabaya Masuk MURI, Jatim Dukung Net Zero Emision 2060

- Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:57 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa konvoi kendaraan motor listrik, HLN 2022 di Surabaya (Ist/jtm)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa konvoi kendaraan motor listrik, HLN 2022 di Surabaya (Ist/jtm)

KABAR RAKYAT - Konvoi 1.300 kendaraan sepeda motor listrik di jalanan Surabaya, Jawa Timur digelar dalam rangka peringatan Hari Listrik Nasional ke-77, Sabtu (29/10), dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai 'Konvoi Motor Listrik Dengan Peserta Terbanyak'.

Konvoi kendaraan motor listrik diikuti Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa diselenggarakan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jatim dan didukung Pemprov Jatim ini diikuti oleh Komunitas Electric Vehicle hingga ojek online (Ojol) digelar serentak di 11 Kota/Kabupaten di Jatim.

Konvoi kendaraan listrik juga digelar di Kota Surabaya, Kab. Banyuwangi, Bojonegoro, Jember, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan dan Ponorogo.

Penghargaan MURI diserahkan perwakilan MURI kepada Gubernur Khofifah didampingi Direktur Distribusi PT PLN Adi Priyanto, GM PT PLN (Persero) UID Jawa Timur Lasiran di halaman kantor PLN Distribusi Jawa Timur, Surabaya.

Baca Juga: Jadi Satu-Satunya, Banyuwangi Raih Predikat Sangat Cettar dari Pemprov Jatim

Konvoi, motor listrik dari Kantor PLN Jatim hingga finish di DBL Arena. Usai finish di DBL Arena Gubernur Khofifah mengungkapkan, guna mewujudkan Net Zero Emission 2060 dibutuhkan komitmen dari seluruh pihak.

Bukan hanya pemerintah, swasta tapi juga masyarakat. Pesan Khofifah, yaitu mengajak masyarakat Jatim ikut memaksimalkan penggunaan kendaraan berbasis listrik sebagai lifestyle masyarakat di era Society 5.0.

"Berbagai upaya kita lakukan dalam membangun komitmen dan kesadaran semua pihak untuk mendukung Net Zero Emision tahun 2060. Renewable energi terus dioptimalkan termasuk penggunaan kendaraan listrik sekaligus menyongsong pertemuan G20 di Bali," terangnya.

Baca Juga: Pemerintah Uji Kelayakan B40 dan Solar untuk Mesin Diesel, Berikut Penjelasan Hasilnya

Pemprov Jatim, kata Khofifah, telah memiliki kebijakan memberikan insentif sebanyak 90 persen pembayaran kendaraan bermotor khusus untuk yang berbasis listrik.

Sehingga masyarakat hanya tinggal membayar 10 persen saja untuk pajak kendaraan bermotor yang berbasis listrik.

Program Net Zero Emission, lanjut Gubernur Khofifah, bahwa Pemprov Jatim hingga kini aktif menggalakkan gerakan sedekah oksigen melalui tandur atau menanam khususnya menanam mangrove.

Lewat sedekah oksigen, setiap masyarakat bisa menanam dalam bentuk apapun sehingga bisa menghasilkan oksigen untuk bumi yang lebih baik.

Pada kesempatan yang sama, usai menjajal Motor Listrik, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa motor listrik ini sangat ringan dan tidak bising mesinnya. Untuk itu, ke depan dibutuhkan komitmen bersama semua pihak menggencarkan penggunaan kendaraan motor listrik menuju Net Zero Emission.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Pemprov Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X