Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Menggunakan Menstrual Cup, Lengkap dengan Cara Pemakaian

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 10:46 WIB
Hal-hal yang perlu diketahui tentang Menstrual CUp (pexels.com/Tubarones Photography)
Hal-hal yang perlu diketahui tentang Menstrual CUp (pexels.com/Tubarones Photography)

KABAR RAKYAT – Menstrual Cup adalah jenis produk kebersihan perempuan yang dapat digunakan kembali.

Menstrual Cup adalah cangkir kecil berbentuk corong fleksibel yang terbuat dari karet atau silikon yang dimasukkan ke dalam vagina untuk menangkap dan mengumpulkan cairan menstruasi.

Menstrual Cup dapat menampung lebih banyak darah daripada metode lain, membuat banyak perempuan menggunakannya sebagai alternatif ramah lingkungan dan dapat digunakan hingga 12 jam.

Jika kamu tertarik menggunakan Menstrual Cup, bicarakan dengan dokter kandungamu. Meskipun kamu dapat membeli salah satu merek secara online atau di sebagian besar toko, pertama-tama kamu harus mencari tahu ukuran yang dibutuhkan.

Baca Juga: Menstrual Cup Dapat Menyebabkan IUD Lepas? Simak Faktanya Menurut Para Ahli!

Sebagian besar merek Menstrual Cup menjual versi kecil dan besar. Untuk mengetahui ukuran Menstrual Cup  yang tepat untukmu, kamu dan doktermu harus mempertimbangkan hal-hal seperti umur, panjang serviks, apakah kamu memiliki aliran menstruasi yang deras atau tidak, kekencangan dan fleksibilitas cangkir, kapasitas cangkir, dan kekuatan otot dasar panggul Anda.

Menstrual Cup yang lebih kecil biasanya direkomendasikan untuk perempuan berusia di bawah 30 tahun yang belum melahirkan secara normal.

Ukuran yang lebih besar sering direkomendasikan untuk perempuan yang berusia di atas 30 tahun, telah melahirkan secara normal, atau memiliki periode yang lebih berat.

Saat kamu menggunakan Menstrual Cup untuk pertama kalinya, mungkin terasa tidak nyaman. Tetapi "melumasi" cangkir dapat membantu membuat prosesnya lancar.

Halaman:

Editor: Mifta Sonia

Sumber: Healthline

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X