Kelebihan Penggunaan Menstrual Cup Dibanding Pembalut Atau Tampon: Lebih Murah dan Ramah Lingkungan

- Senin, 17 Oktober 2022 | 06:54 WIB
Manfaat penggunaan Menstrual Cup (pexels.com/Sarah Chai)
Manfaat penggunaan Menstrual Cup (pexels.com/Sarah Chai)

KABAR RAKYAT – Menstrual Cup menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi menstruasi agar lebih nyaman dan tidak berantakan.

Mayoritas perempuan menggunakan tampon atau pembalut ketika menstruasi tiba. Namun dalam sebuah penelitian baru yang komprehensif menyebutkan bahwa Menstrual Cup merupakan produk yang lebih baik untuk menstruasi daripada pembalut atau tampon.

Menstrual Cup adalah wadah berbentuk corong, biasanya terbuat dari silikon, karet, atau lateks, yang dimasukkan ke dalam vagina untuk mengumpulkan aliran menstruasi.

Menstrual Cup hanya perlu dicuci dan dapat digunakan kembali selama bertahun-tahun sekaligus menjadikannya pilihan yang lebih murah daripada tampon atau pembalut.

Baca Juga: Lirik Lagu ‘We Fresh - Kep1er’ Mini Album ke-3: Gotta Go, Gotta Go, Gotta Go

Menurut sebuah laporan kesehatan The Lancet Public Helath menyebutkan bahwa Menstrual Cup juga aman dan efektif seperti produk sanitasi yang lebih umum.

Meta-analisis, yang diterbitkan pada 16 Juli 2019, meninjau 43 studi dan data pada 3.319 perempuan dan anak perempuan tentang penggunaan Menstrual Cup secara internasional.

Ditemukan bahwa Menstrual Cup sama baiknya seperti tampon dan pembalut sekali pakai untuk mencegah kebocoran.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa Menstrual Cup tidak menunjukkan peningkatan risiko infeksi untuk perempuan dan remaja Eropa, Amerika Utara, dan Afrika yang telah diteliti.

Halaman:

Editor: Mifta Sonia

Sumber: Healthline

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X