• Kamis, 23 September 2021

Jatim Raih Predikat Provinsi Layak Anak dari Kementerian

- Jumat, 30 Juli 2021 | 05:58 WIB
Ilustrasi anak kecil main game online (by Pixabay)
Ilustrasi anak kecil main game online (by Pixabay)

Gubernur Khofifah: Anak Investasi Bangsa. Lindungi Dan Bahagiakan

KABAR RAKYAT, Surabaya - Jawa Timur resmi menyandang Provinsi Layak Anak (Provila) 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Status tersebut diberikan menyusul keberhasilan Pemprov Jatim mendorong semua kabupaten/kota di Provinsi Jatim meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA)

Atas raihan prestasi tersebut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan apresiasi besar atas kerja keras pemerintah daerah bekerjasama dengan stakeholder lainnya serta melibatkan masyarakat, media dan dunia usaha untuk mewujudkan upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak.

“Alhamdulillah, 38 kabupaten/kota di Jawa Timur seluruhnya telah berpredikat KLA. Terimkasih kepada seluruh kepala daerah yang telah memperjuangkan daerahnya sebagai kabupaten/kota layak anak,” ungkap Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Kamis (29/7).

Khofifah mengatakan prestasi ini bukanlah perkara mudah. Ada sejumlah klaster yang harus dipenuhi untuk meraih predikat KLA. Diantaranya, hak sipil dan kebebasan ; lingkungan keluarga dan pengasuhan anak ; kesehatan dasar dan kesejahteraan  anak ; pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya ; dan perlindungan khusus.

“Untuk mencapai lima klaster tersebut butuh kerjasama dan koordinasi lintas sektor. Tidak bisa berjalan sendiri-sendiri,” imbuhnya.

Khofifah menegaskan, setiap anak perlu mendapat kesempatan yang luas untuk hidup, tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi secara optimal sesuai harkat dan martabat kemanusiaan. Oleh karena itu, Khofifah mengingatkan semua bupati/walikota di Jatim agar tidak lupa melibatkan anak dalam pembangunan dan menjadikan anak sebagai subyek, bukan obyek.

“Saya mengajak para kepala daerah agar pastikan bahwa predikat kabupaten/kota layak anak ini benar-benar terimplementasi dengan baik di lapangan. Bagaimanapun tumbuh kembang anak adalah investasi jangka panjang karena mereka adalah generasi penerus dan pewaris negara ini,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Humas Provinsi Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X