• Senin, 5 Desember 2022

Bupati Banyuwangi Sambut Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi untuk Acuan Program Pemberdayaan Masyarakat

- Kamis, 29 September 2022 | 07:01 WIB
Bupati Banyuwangi saat pembukaan Rakorda Regsosek bersama BPS (banyuwangikab)
Bupati Banyuwangi saat pembukaan Rakorda Regsosek bersama BPS (banyuwangikab)

KABAR RAKYAT - Pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang akan digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Oktober mendatang disambut antusias oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Menurut Bupati Ipuk data yang akan dihasilkan nantinya akan menjadi acuan penting dalam penetrasi berbagai program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat ke depannya.

“Pendataan ini, kami tunggu. Kami sangat harapkan ada data baru yg lebih real.  Sebagai acuan dalam program-program yang akan kami lakukan,” ungkap Ipuk saat membuka Rakorda Regsosek bersama BPS, SKPD terkait, Camat, Kades/Lurah, Koramil dan Kapolsek se-Banyuwangi, di Hotel Aston, Selasa (27/9/2022) kemarin.

Baca Juga: Jawaban Bupati Terhadap PU Fraksi-Fraksi DPRD Banyuwangi atas Raperda Perubahan APBD Tahun 2022

Ipuk berharap, pendataan tersebut nantinya bisa memotret keadaan sesungguhnya yang ada di tengah masyarakat. Sehingga nantinya dihasilkan data yang akurat. 

“Data ini nantinya akan menjadi acuan dalam menentukan penyaluran program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Jadi, datanya harus akurat. Sehingga nanti program yang dicanangkan bisa tepat sasaran dan terarah,” tegasnya.

Selama ini, lanjut Ipuk, Banyuwangi selalu melakukah verifikasi dan evaluasi terhadap Data Terpadu Kesejahteraan Sosisl (DTKS). Akan tetapi, masih saja ada keluhan di tengah masyarakat tentang adanya warga tidak mampu yang belum tersentuh. 

“Dari sini, kami mengharapkan ada pembaharuan data yang lebih akurat. Apalagi nantinya pendataan ini juga dilengkapi dengan geospasial juga. Jadi, lebih spesifik,” harapnya. 

Baca Juga: Tujuh Fraksi DPRD Banyuwangi Sampaikan Pandangan Umum atas Diajukannya Raperda Perubahan APBD 2022

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Kembali Meletus , Hujan Abu Meluas

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:46 WIB

KPU RI Luncurkan Maskot dan Jingle Pemilu 2024

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:42 WIB
X