• Senin, 5 Desember 2022

Sejarah Hari Tani Nasional: Peringatan Perjuangan Petani untuk Bebas dari Penderitaan

- Sabtu, 24 September 2022 | 18:17 WIB
Ilustrasi Sejarah hari Tani Nasional (pixabay.com/vietnguyenbui)
Ilustrasi Sejarah hari Tani Nasional (pixabay.com/vietnguyenbui)

KABAR RAKYAT – Setiap tanggal 24 September diperingati sebagai Hari Tani Nasional. Peringatan Hari Tani Nasional ditetapkan bertepatan dengan dikeluarkannya Undang-Undang Pembaruan Agraria (UUPA) pada tahun 1960.

Hari Tani Nasional merupakan bentuk peringatan dalam mengenang sejarah perjuangan kaum petani serta membebaskannya dari penderitaan.

Hari Tani Nasional juga merupakan sebuah tonggak sejarah bangsa dalam memandang arti penting petani dan hak kepemilikan atas tanah, serta keberlanjutan masa depan agraria di Indonesia.

Keberadaan petani menjadi penting bagi negara agraris untuk turut serta berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

seperti yang kita tahu, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris dimana mayoritas penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani atau bercocok tanam.

Baca Juga: KAI dan Polda Jatim Tanda Tangani Kerjasama Pengamanan Aset Negara

Sejak lepas dari masa penjajahan Belanda, pemerintah Indonesia berusaha untuk merumuskan UU Agraria baru guna menggantikan UU Agraria kolonial.

Ketika ibu kota Indonesia masih ada di Yogyakarta pada tahun 1948, Penyelenggara negara membentuk panitia agraria Yogya. Namun panitia tersebut bubar akibat gejolak politik yang terjadi.

Panitia Agraria Yogya kembali dilanjutkan di Jakarta pada tahun 1951 dan berganti nama menjadi Panitia Agraria Jakarta.

Halaman:

Editor: Mifta Sonia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X