• Sabtu, 1 Oktober 2022

10 Kali WTP, Banyuwangi Raih Penghargaan dari Menteri Keuangan RI

- Jumat, 23 September 2022 | 06:23 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (kiri) saat menerima penghargaan dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani/banyuwangikab
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (kiri) saat menerima penghargaan dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani/banyuwangikab

KABAR RAKYAT - Pemkab Banyuwangi meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, di Gedung Dhanapala Kementrian Keuangan, Kamis (22/9/2022). 

Penghargaan ini diperoleh Banyuwangi setelah sukses mempertahankan opini WTP murni atas LKPD dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama sepuluh kali berturut-turut.

Baca Juga: Siswi Banyuwangi Masuk Parlemen Remaja DPR RI 2022 Wakil Dapil 3 Jatim, Yuk Kenalan

“Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih atas apresiasi Kementerian Keuangan. Penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk lebih baik lagi dalam menjalankan tata kelola dan pelaporan keuangan pemerintah daerah,” kata Bupati Ipuk.
 
Sekadar diketahui, Kementerian Keuangan memberikan penghargaan kepada pemerintah, lembaga, dan pemerintah daerah sebagai entitas pelaporan keuangan. Penghargaan diraih atas perolehan opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) pada tahun anggaran 2021. 

Dikatakan Ipuk, untuk mempertahankan capian opini WTP dari BPK bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan konsistensi, kebersamaan, tata kelola keuangan yang baik, serta kesungguhan untuk mengikuti aturan yang berlaku.

“Kami terus berupaya memanfaatkan dan mengelola keuangan daerah dengan baik, serta bermanfaat untuk masyarakat. Terima kasih kepada BPK yang terus memberikan arahan kepada kami bagaimana menciptakan tata kelola keuangan yang akuntabel dan transparan,” ujarnya. 

Baca Juga: SWI dan OJK Jember Ajak Media Cegah Masyarakat Jadi Korban Investasi Ilegal dan Pinjol Ilegal

Capaian WTP kali kesepuluh ini meyakinkan Ipuk bahwa menciptakan program pelayanan publik dan program meningkatkan kesejahteraan masyarakat bisa sejalan dengan akuntabilitas keuangan. 

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X