• Rabu, 10 Agustus 2022

Ingin Minimalis Angka Anak Putus Sekolah GP Ansor Ranting di Banyuwangi ini Temukan Rumus PAS MANTAP

- Selasa, 27 Juli 2021 | 11:45 WIB
Program bantuan pendidikan PAS MANTAP dari GP Ansor Ranting Karangrejo
Program bantuan pendidikan PAS MANTAP dari GP Ansor Ranting Karangrejo

KABAR RAKYAT, Banyuwangi - Pendidikan adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan generasi. Terutama generasi penerus kepemimpinan negeri ini di situasi pagebluk.

"Pandemi ini menimbulkan situasi darurat pada kesehatan masyarakat. Lebih jauh juga berakibat pada perekonomian setiap keluarga. Di sudut lain pendidikan pelajar dalam setiap keluarga sangat dibutuhkan. Kita juga melihat media memberitakan dampak anak putus sekolah juga tidak sedikit," ungkap Ketua GP Ansor Ranting Karangrejo Andria Fajar saat dimintai keterangan, Selasa, 27 Juli 2021.

Bersama anggota Ansor lainnya meluncurkan program Peduli Anak Sekolah MANfaat tertaTa dan Produktif (PAS MANTAP). Program ini digarap untuk memberantas anak putus sekolah di jenjang lulusan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Kita pun dalam suksesi peluncuran program ini bekerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan terkait. Secara khusus di tingkat SMP kita bekerjasama dengan MTs Mathooliul Ulum, Karangrejo. Sementara SMK Gajah Mada Banyuwangi merupakan lembaga pendidikan yang bekerjasama di tingkat SMA," jelas Andria sapaan karibnya.

Senada hal itu, Sekretaris GP Ansor Ranting Karangrejo Irfan Bachtiar menambahkan program bantuan pendidikan ini menyasar seluruh warga Kelurahan Karangrejo memiliki putra-putri yang terancam putus sekolah, sebab tidak mampu atau termasuk yatim piatu.

"Selain mereka (yang dapat bantuan) diberikan beasiswa penuh. Kita juga berikan subsidi untuk pembelian seragam sekolah, dari dana yang berhasil kita kumpulkan melalui para dermawan dan pengusaha," kata Irfan.

Program PAS MANTAP itu terus akan dilanjutkan dan terus disempurnakan dengan menyiapkan seluruh sistem dan komposisi stakeholder terkait. Apalagi masih ditengah himpitan virus Covid-19 yang masih belum pasti kapan berakhirnya.

"Terutama kita akan terus membuka donasi dalam pengadaan bantuan alat tulis, buku paket, LKS, dan perlengkapan lainnya. Pun berharap seluruh elemen membantu suksesi program ini guna membangun masyarakat masa depan yang lebih tertata dan berpendidikan. Kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu suksesnya program kali ini !" kata Irfan menutup keterangannya.

Salah satu penerima manfaat Putri Ayu yang juga alumnus SDN 2 Karangrejo mengaku sangat bersyukur bisa melanjutkan sekolah kembali melalui program PAS MANTAP.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPC Laskar Sholawat Nusantara Bondowoso Dilantik

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:50 WIB

DPRD Banyuwangi Ajukan Dua Raperda Inisiatif

Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:50 WIB
X