• Rabu, 27 Oktober 2021

Divonis Bersalah Langgar PPKM Darurat, Kades dan Seorang Anggota DPRD Pilih Bayar Denda

- Senin, 26 Juli 2021 | 17:36 WIB
Pemeriksaan saksi sidang tipiring pelanggar PPKM di PN Banyuwangi
Pemeriksaan saksi sidang tipiring pelanggar PPKM di PN Banyuwangi

KABAR RAKYAT,Banyuwangi - Sidang tindak pidana ringan (tipiring) kasus pelangaran PPKM Darurat bagi oknum Kepala Desa (Kades) inisial AS dan seorang Anggota DPRD Banyuwangi inisial SA yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi, Senin (26/07/2021).

Para pelanggar PPKM Darurat AS dan SA sama-sama menggelar hajatan nikah putra putri mereka. Oleh Majelis Hakim dinyatakan terbukti bersalah melanggar aturan PPKM Darurat.  Namun vonis keduanya berbeda-beda.

Persidangan dipimpin oleh Hakim Tunggal, I Komang Didiek Prayoga. Dan Hakim Tunggal,  I Made Gede Trisna Jaya Susila. Sesuai prosedur, sebelum vonis dijatuhkan, Hakim lebih dahulu memeriksa satu persatu saksi. 

Dari para saksi yang hadir, salah satunya Kapolsek Sempu Iptu Rudi Sunaryanto. Dan, Camat Kalibaru Nuril Falah.

Hakim Tunggal, I Komang Didiek Prayoga menyidangkan Kades AS. Atas apa yang dilakukan AS dijatuhi Vonis denda Rp48 ribu subsider kurungan 2 hari.

Baca Juga: Fraksi-Fraksi DPRD Banyuwangi Sampaikan PU Atas Diajukannya Empat Raperda Usulan Eksekutif.

"Saya bayar denda saja yang Mulia,” kata AS menjawab pertanyaan hakim atas putusan yang telah dibacakan.

Usai sidang, AS mengaku, pernikahan putrinya digelar sesuai prokes. Tamu yang datang diatur sehingga tidak berkerumun. Soal penggunaan Balai Desa diatur dalam Perdes.

“Sebelum saya Kades, Balai Desa sudah digunakan untuk hajatan masyarakat umum karena telah diatur Perdes. Tida bayar, kadang hanya kasih uang untuk petugas kebersihan,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X