• Kamis, 2 Desember 2021

Golkar Yakin Kawah Ijen Milik Kabupaten Banyuwangi

- Sabtu, 24 Juli 2021 | 09:54 WIB
Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi, Ruliyono,SH
Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi, Ruliyono,SH

KABAR RAKYAT, Banyuwangi - Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi yang sekaligus sebagai Wakil Ketua DPRD ini berkeyakinan bahwa kawah Ijen itu milik Kabupaten Banyuwangi.

Dijelaskan oleh Ruliyono, kawah Ijen milik Kabupaten Banyuwangi atas dasar sejarah atau historis, soal wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mewarisi batasan-batasan wilayah yang dikuasai oleh penjajahnya, dan Kala itu Indonesia dijajah oleh Pemerintah Hindia Belanda.

“ Dulu Pemerintah Hindia Belanda itu diakui oleh Liga-Liga Bangsa, kalau saat ini namanya PBB, waktu itu disepakati wilayah Indonesia adalah wilayah yang pernah diperintah atau dengan kata lain dijajah Pemerintah Hindia Belanda , “ jelas Ruliyono. Jum’at (23/07/2021) kemarin.

Disampaikan oleh Ruliyono, dalam sidang BPUPKI maupun PPKI, Moh Yamin juga berpendapat bahwa luas wilayah Indonesia adalah wilayah yang pernah disingahi oleh kerajaan Majapahit namun terjadi debatable dan teranulir, hanya pendapat Moh Hatta yang digunakan sebagai dasar penentuan luas dan batas  Negara.

Baca Juga: Tak Gunakan Hak Interpelasi, Fraksi Golkar Punya Cara lain Menyoal Tapal Batas Kawah Ijen

Pendapat Moh Hatta, wilayah Indonesia ialah lingkungan Indonesia yang dahulu dijajah Pemerintah Belanda.

“ Kalau luas NKRI ini mengikuti pendapat Moh Yamin. Luasnya bisa sampai ke Negara Philipina, Thailand dan sebagian Malaysia, “ jelasnya.

Karena aturan tentang batas wilayah disepakati mengikuti regulasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Hindia Belanda maka batas Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Bodowoso merujuk pada peta yang pernah dibuat Hindia Belanda.

Berikut beberapa peta yang dibuat oleh Pemerintah Hindia Belanda, antara lain, Residen Besoeki Afdeling Banyuwangi 1895, Java Resn Besoeki 1924 Blad XIIIC (pengukuran 1917,1918 dan 1922), Java Resn Besoeki 1924 Blad LXXXVIII B (Alg.No. XVIII-58B) Pengukuran1917-1918, Peta Idjen Hoogland 1920 (pengukuran Dinas topografi Belanda 1917-1918), Java Resn Besoeki 1925 Blad XCIV A (pengukuran 1920 dan 1922), Java & Madura 1942 Sheet No. 59/XLIII-A, US Army Map Service, Peta Water Suplly Banyuwangi 1945, Javeerslag Van Den Topographischen Dienst In Nederlandsch-Indie.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gerbong Mutasi Kembali Bergulir di Polresta Banyuwangi

Selasa, 30 November 2021 | 20:56 WIB
X