• Minggu, 27 November 2022

Farel Prayoga Ajak Ribuan Anak Banyuwangi Jaga Kesehatan Gigi

- Selasa, 13 September 2022 | 08:59 WIB
Artis cilik Farel Prayoga saat memberi motivasi pelajar melakukan sikat gigi yang baik dan benar/banyuwangikab
Artis cilik Farel Prayoga saat memberi motivasi pelajar melakukan sikat gigi yang baik dan benar/banyuwangikab

KABAR RAKYAT - Memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional, ribuan siswa Banyuwangi mengikuti kegiatan sikat gigi massal sebagai bentuk kampanye kesehatan gigi sejak dini. Dalam kesempatan itu, artis cilik Farel Prayoga juga dilibatkan untuk memotivasi para pelajar.

Peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional di Banyuwangi dipusatkan di Taman Blambangan, Senin (12/9/2022). Sebanyak 2.000 siswa SD mendapat edukasi bagaimana melakukan sikat gigi yang baik dan benar.

Didampingi seorang dokter gigi, Farel turut memperagakan cara menggosok gigi yang benar. “Kita ikuti ya apa yang diajarkan Bu dokter gigi. Mulai dari mana gosoknya, biar gigi tetap sehat,” kata Farel.

Baca Juga: PKBM Merdeka Fasilitasi Kelompok Belajar Sahabat Difabel Banyuwangi

Sebelum gosok gigi bersama, ribuan siswa SD/MI diberikan penyuluhan dan edukasi cara menyikat gigi yang baik dan benar oleh persatuan dokter gigi Indonesia (PDGI) dan Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) Banyuwangi. Dilanjutkan senam dan sikat gigi bersama.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengapresiasi kegiatan kampanye kesehatan gigi tersebut. “Terima kasih atas dedikasi para petugas kesehatan yang terus mendukung pembangunan kesehatan di Banyuwangi. Semoga kegiatan ini bisa menumbuhkan perilaku hidup sehat sejak dini,” kata Ipuk yang mengikuti secara daring kegiatan tersebut.

Ipuk menyebut, berdasarkan data riset kesehatan dasar (riskesdas) tahun 2018, proporsi perilaku menyikat gigi yang benar baru sebesar 2,8 persen. Sementara proporsi terbesar masalah kesehatan gigi di Indonesia, 45,3 persen ada pada gigi berlubang/sakit. Padahal, masalah gigi berlubang yang parah pada anak bisa meningkatkan resiko dua kali lipat  timbulnya stunting pada anak.

“Gosok gigi kelihatannya sepele, padahal ini salah satu faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Maka, melalui momentum ini mari bersama-sama lakukan upaya akselerasi untuk menurunkan angka karies gigi pada anak untuk mengurangi angka stunting di Banyuwangi,” ajak Ipuk.

Baca Juga: DPRD Banyuwangi Komitmen Teruskan Tuntutan dan Aspirasi Mahasiswa Tolak Kenaikan Harga BBM ke Pusat

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X