• Selasa, 3 Agustus 2021

Serapan APBD Banyuwangi 43,9 Persen, Tertinggi di Jawa Timur

- Kamis, 22 Juli 2021 | 15:59 WIB
Bupati Ipuk Fiestiandani didampingi Sekkab Banyuwangi ,Ir Mujiono saat mengikuti rapat secara virtual dengan Kemendagri / banyuwangi.go.id
Bupati Ipuk Fiestiandani didampingi Sekkab Banyuwangi ,Ir Mujiono saat mengikuti rapat secara virtual dengan Kemendagri / banyuwangi.go.id

KABAR RAKYAT,Banyuwangi - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan daerah Kementerian Dalam Negeri mencatat belanja APBD Kabupaten Banyuwangi tahun 2021, per 15 Juli telah terealisasi  sebesar 43,96 persen. Serapan APBD itu termasuk yang tertinggi di Jawa Timur.

Hal ini disampaikan dalam bahan paparan dan pengarahan Menteri Dalam Negeri kepadaSerapan Kepala Daerah saat rapat penanganan pandemic covid-19.

 Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, percepatan penyerapan APBD bertujuan untuk menjaga pergerakan ekonomi local,di tengah dunia usaha yang melambat karena pandemi, APBD diharapkan menjadi instrumen yang bisa berperan untuk menggerakkan ekonomi, hingga 22 Juli 2021 realisasi belanja sudah mencapai 46 persen.

Baca Juga: Bupati Banyuwangi Cek Persiapan Pencairan Bantuan Sosial Tunai di Kantor Pos

”Meski kapasitas fiskal daerah saat ini juga relatif terbatas, kami terus mendorong penyerapan agar bisa mendorong ekonomi lokal,” ujar Ipuk seusai meluncurkan program penciptaan pengusaha muda baru, ”Jagoan Bisnis”, secara virtual, Kamis (22/7/2021).

Ipuk mengatakan, penyerapan APBD cukup penting untuk menggerakkan perekonomian daerah. Gelontoran dana APBD melalui beragam pekerjaan dan belanja daerah bisa menjadi stimulan ekonomi warga.

"Salah satu kunci bantalan ekonomi saat ini memang ada pada belanja pemerintah, mengingat hampir semua dunia usaha terdampak pandemi. Oleh karena itu pemda harus optimal dalam penyerapan anggaran, sesuai arahan Presiden Jokowi dan Ibu Gubernur," ujar Ipuk.

Baca Juga: Hari Ini Bulog Banyuwangi Mulai Salurkan Bansos Beras PPKM Darurat.

Dengan APBD yang terserap dengan baik, berbagai pekerjaan di masyarakat berjalan seperti perbaikan/pembangunan jalan, bantuan usaha kecil, penanganan sektor kesehatan, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Humas Kab. Banyuwangi

Tags

Terkini

Bupati Trenggalek Apresiasi Vaksinasi Masal BIN

Selasa, 3 Agustus 2021 | 17:49 WIB

Bupati Hendy Bagikan Bansos untuk Warga Difabel

Selasa, 3 Agustus 2021 | 15:14 WIB

Dua ABK Bintang Sonar Ditemukan Lemas di Pantai Coko

Selasa, 3 Agustus 2021 | 15:03 WIB

ODGJ di Banyuwangi Divaksinasi Covid-19

Selasa, 3 Agustus 2021 | 13:52 WIB
X