• Sabtu, 4 Desember 2021

Bupati Jember Tunda Tahapan 59 Pilkades Serentak, Begini Alasannya

- Jumat, 9 Juli 2021 | 21:34 WIB
Bupati Jember, Hendy Siswanto dan Wabup Gus Firjaun ketika jumpa pers, kemarin
Bupati Jember, Hendy Siswanto dan Wabup Gus Firjaun ketika jumpa pers, kemarin

KABAR RAKYAT, Jember - Dampak lonjakan Covid-19 yang kian mengkhawatirkan. Bupati Jember, Hendy Siswanto akhirnya menunda tahapan Pilkades.

Sebanyak 86 calon kepala desa (Cakades) dari 11 desa di Jember rencana akan mengikuti tes tulis pada (15/7/2021) terpaksa ditunda.

Alasan penundaan karena Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 141/3170/BPD, perihal penundaan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak dan pemilihan antar waktu se-Jawa Bali.

Baca Juga: Setelah di Lockdown, Pasar Induk Banyuwangi Besok Siap Beroperasi Kembali

Keluarnya SE tersebut merupakan implementasi dari Instruksi Mendagri Nomor 15 Tahun 2021, tentang PPKM Darurat Covid-19 yang melarang Pemda melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa.

“Sesuai dengan SK Bupati Nomor 45, pelaksanaan tes tulis sebenarnya akan digelar pada tanggal 15 Juli. Namun SE Mendagri, maka pelaksanaannya terpaksa harus ditunda. PPKM Darurat kan berlangsung hingga tanggal 20 Juli, jadi otomatis ditunda setelah tanggal tersebut,” ujar Kasi Penataan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Kabupaten Jember, Bukasan.

Namun demikian, kata Bukasan, penundaan tersebut tidak menutup kemungkinan akan berlangsung lebih lama, jika pemerintah ternyata memperpanjang masa PPKM Darurat.

Baca Juga: Mayat Perempuan di Balung, Gegerkan Warga Sekitar, Dugaan Sementara Ia Tuna Wisma

Bupati Jember, Hendy Siswanto membenarkan keputusan itu diambil karena harus menjalankan instruksi Mendagri.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Takraw Sukapura Raih Emas Porkab Probolinggo 2021

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:36 WIB
X