• Minggu, 27 November 2022

Arsitektur Illuminarch 2022, Cara Banyuwangi Tampikan Karya-Karya Arsitek Muda

- Jumat, 26 Agustus 2022 | 14:06 WIB
Bupati Ipuk Fiestiandani saat meninjau pameran arsitektur Illuminarch 2022/banyuwangikab
Bupati Ipuk Fiestiandani saat meninjau pameran arsitektur Illuminarch 2022/banyuwangikab

KABAR RAKYAT - Pemkab Banyuwangi bersama Arsitek Muda Banyuwangi (AMB) menggelar pameran arsitektur, Illuminarch 2022, di Gedung Djuang ‘45 Banyuwangi, 25-27 Agustus 2022. Puluhan karya arsitek-arsitek muda Banyuwangi ditampilkan dalam pameran yang digelar selama tiga hari tersebut.    

 Illuminarch merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Arsitektur Nusantara yang rutin digelar Banyuwangi. Sejak 2019, Banyuwangi ajeg menggelar festival arsitektur.

“Festival Arsitektur ini adalah komitmen Banyuwangi mendukung pengembangan kekayaan arsitektur lokal yang sangat beragam di Tanah Air. Di Banyuwangi, arsitektur adalah bagian penting dari pembangunan. Kami menitipkan arsitektur sebagai produk kebudayaan kepada kemajuan ekonomi yang sedang berlangsung,” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, saat membuka Illuminarch, Kamis (25/8/2022).

Baca Juga: Miliki Potensi Besar, Gubernur Jatim Tawarkan Banyuwangi Jadi Food Estate Buah Manggis

Illuminarch didukung oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) berisikan lomba sketsa, pameran karya, sosialisasi tentang bagaimana menjadi arsitek, bedah karya siswa yang mengikuti lomba sketsa, hingga sharing session arsitektur yang mengikutsertakan konsultan dan arsitek.

Illuminarch bermakna Illuminare yang berarti menerangi dan architecture yang memiliki arti ilmu merancang bangunan. Tema yang diusung dalam acara kali ini yaitu Knowing Architecure merupakan refleksi dari memberikan pengetahuan mengenai arsitektur.

Dalam acara tersebut dipamerkan karya-karya arsitektur dari arsitek-arsitek muda Banyuwangi. Seperti rancang desain Gedung Korpri Banyuwangi, Pasar Rogojampi dan juga desain Co-Box Hotel oleh Pringgo Wijaya arsitek Banyuwangi.

Ada juga karya arsitektur di berbagai daerah di Indonesia yang digarap oleh Arsitek Banyuwangi, seperti Museum Lamongan oleh A. Fachrurrohman, Hotel AMG Kota Palu Rosalia Husna, dan Cafe Litchi di Malang yang digarap oleh Nino Utomo.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Ajak Aktivis PMII dan Pemuda Perbanyak Inovasi dan Sinergi Hadapi Tantangan Dinamika Global

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X