• Rabu, 27 Oktober 2021

Temukan Belasan e-Warung Bodong, Dinas Sosial Surat BNI

- Sabtu, 3 Juli 2021 | 05:08 WIB
e-Warung mesin trasaksi  (ilusrasi)
e-Warung mesin trasaksi (ilusrasi)

KABAR RAKYAT, Bondowoso - Dinas Sosial Bondowoso temukan belasan e-Warung atau Agen bodong di beberapa wilayah. Mereka tercantum sebagai penyalur Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), namun faktanya tak ada warung sembako saat diperiksa ke e-warung.

 

Padahal, kriteria warung bisa menjadi Agen BNI atau e-Warung harus toko sembako, punya usaha tetap. Artinya buka setiap hari, tidak yang hanya buka saat distribusi bantuan.

Baca Juga: LaNyalla Tegaskan Saat PPKM Darurat Akan Ada Bansos yang Harus Tepat Sasaran

Demikian diterangkan oleh Plt. Kepala Dinas Sosial Saifuddin Suhri, dikonfirmasi awak media Jumat (2/7/2021). "13 itu, tidak layak untuk dijadikan agen. Kami surati BNI temuan kami, agar 13 segera dilakukan pergantian," ujarnya.

 

Saifuddin Suhri menegaskan masyarakat pun bisa melaporkan jika ada e-Warung yang hanya dibuka saat hendak menyalurkan bantuan saja. Selanjutnya, akan ditindaklanjuti verifikasi ke lapangan. "Laporkan saja ke sini, (Kantor Dinsos, red),"  urainya.

Baca Juga: Dinas Jabar Pastikan Mengakomodir ke Swasta Bagi Siswa Tidak Mampu yang Tak Lolos PPDB

Ia juga mengungkapkan temuan ini sebenarnya tindak lanjut adanya surat dari Kemensos RI yang menyebutkan bahwa Dinsos kabupaten/kota bisa melakukan evaluasi terhadap e-Warung yang ada.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X