• Rabu, 10 Agustus 2022

Basarnas Operasikan Kapal Canggih SAR 249 Permadi di Jawa Timur

- Jumat, 25 Juni 2021 | 07:23 WIB
Kapal Negara (KN) SAR 249 Permadi milik Basarnas
Kapal Negara (KN) SAR 249 Permadi milik Basarnas

KABAR RAKYAT, Surabaya - Kapal Negara (KN) SAR 249 Permadi milik Basarnas resmi dioperasikan dukung misi kemanusian  Search And Rescue (SAR) di wilayah Jawa Timur. Penempatan kapal canggih itu diresmikan Gubernur Khofifah Khofifah Indar Parawansa bersama Kabasarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi di Terminal Gapura Surya Nusantara Surabaya, Kamis (24/6).

Gubernur Khofifah berharap agar kapal berkekuatan 3 mesin 1.400 HP dengan endurance 60 jam dan daya jelajah 1.200 NM itu bisa mendukung dan mampu mewujudkan nol korban (zero victim) dalam hadapi potensi bencana alam maupun non alam.

Baca Juga: Angka Covid-19 'Kota Tape' Naik Satlantas Woro-Woro Disiplin Prokes

Pada posisi seperti itu, Khofifah menilai bahwa persoalan kediklatan SAR menjadi hal yang sangat penting. Utamanya, untuk menjangkau wilayah-wilayah yang jauh dari jangkauan tim Basarnas.

"Kita berdoa agar pandemi ini segera selesai dan kita bisa mengoptimalkan kembali pelatihan kediklatan  SAR bagi warga," katanya.

Kesempatan itu, Khofifah memint untuk optimalkan Quick Response yang menjadi prinsip Basarnas, masyarakat yang membutuhkan bantuan bisa menghubungi call center 115.

Baca Juga: Fasilitas Judi Sabung Ayam di Perhutani Dibakar Peugas

Sementara itu, Kabasarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi menyampaikan harapan besar, bahwa melalui beroperasionalnya KN SAR 249 Permadi dapat memberikan penguatan mitigasi wilayah perairan di Jawa Timur.

Peresmian pengoperasian KN SAR 249 Permadi di Jawa Timur

Halaman:

Editor: Richard De Mas Nre

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPC Laskar Sholawat Nusantara Bondowoso Dilantik

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:50 WIB

DPRD Banyuwangi Ajukan Dua Raperda Inisiatif

Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:50 WIB
X