• Sabtu, 1 Oktober 2022

Komisi II DPRD Banyuwangi Minta Pemerintah Turun ke Lapangan Atasi kelangkaan Pupuk Bersubsidi

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:01 WIB
Pupuk bersubsidi kembali langka di Banyuwangi, Dewan minta pemerintah turun atasi kelangkaan pupuk bersubsidi (Hariyadi)
Pupuk bersubsidi kembali langka di Banyuwangi, Dewan minta pemerintah turun atasi kelangkaan pupuk bersubsidi (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Komisi II DPRD Kabupaten Banyuwangi minta pemerintah turun ke lapangan dan segera mencari solusi atasi kelangkaan pupuk bersubsidi di saat musim tanam.

Bahkan belum terbitnya petunjuk teknis dari Peraturan Menteri Pertanian No. 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian, ketersediaan pupuk bersubsidi bagi petani khususnya di Kabupaten Banyuwangi sebagai sentra pangan Propinsi Jawa Timur semakin sulit didapatkan.

“ Selama ini saya sering mendapatkan keluhan para petani mengenai kesultannya bercocok tanam, utamanya terkait dengan ketersediaan pupuk bersubsidi, saya minta pemerintah daerah dan pemerintah pusat duduk bersama mengatasi persoalan ini , “ ucap ketua Komisi II DPRD Banyuwangi, Hj.Mafrochatin Ni’mah kepada insan media, Kamis (18/08/2022).

Baca Juga: Tak Hanya Farel, Anak Banyuwangi Jadi Pembawa Baki Upacara Penurunan Bendera di Istana

Menurut politisi Partai kebangkitan Bangsa ini, tujuan dari Permentan 10 2022 untuk menjaga ketersediaan, keterjangkauan pupuk dan optimalisasi penyaluran pupuk bersubsidi terutama untuk petani belum terlaksana dengan baik di daerah.

“ Lambatnya penyesuaian terhadap Permentan No. 10 tahun 2022 ini diduga menjadi pemicu kelangkaan pupuk bersubsidi , “ ungkapnya.

Pada sisi lain adanya aturan pupuk bersubsidi hanya diperuntukkan untuk sembilan komoditas pangan pokok dan strategis, seperti padi, jagung,kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu rakyat, kopi dan kakao. Hal ini tentu memberatkan para petani buah naga, jeruk dan tembakau.

“ Pemerintah daerah wajib mencarikan solusi ketersediaan pupuk bersubsidi bagi petani buah naga di Banyuwangi Selatan, “ tegag Hj.Ni’mah panggilan akrab Ketua Komisi II DPRD Banyuwangi ini.

Baca Juga: Napi Narkoba Mendominasi Penghuni Lapas Kleas II A Banyuwangi

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X