• Sabtu, 1 Oktober 2022

HUT RI ke-77, 231 Narapida di Lapas Klas II B Bondowoso dapat Remisi

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 07:25 WIB
Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin saat memberikan remisi umum kepada salah seorang narapidana. (Nur Alifa Bahsa)
Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin saat memberikan remisi umum kepada salah seorang narapidana. (Nur Alifa Bahsa)

KABAR RAKYAT - Di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 77 pada Tahun 2022 ini, sejumlah narapidana (Napi) di lembaga pemasyarakatan (Lapas) IIB Bondowoso mendapatkan kado istimewa.

Tepat di tanggal 17 Agustus 2022 ini, warga binaan Pemasyarakatan Lapas Klas II B Bondowoso dinyatakan bebas langsung tersebut melalui program remisi umum dua.

Sebelumnya, pihak Lapas setempat telah mengusulkan 255 napi. Jumlah tersebut terdiri remisi umum satu yakni pengurangan masa hukuman untuk 254 orang dan remisi umum dua yakni seorang napi bebas langsung.

Baca Juga: Sambut HUT RI, LDII Yakinkan Ponpes Bukan Sarang Radikalisme

Dari usulan tersebut, Kemenkumham menurunkan Surat Keputusan (SK) remisi sebanyak 231 warga binaan, adapun sisanya yakni 24 orang lainnya belum turun dan telah dilakukan kelengkapan verifikasi.

Bupati Bondowoso, Salwa Arifin mengungkapkan remisi kemerdekaan diberikan agar juga menjadi contoh bagi warga binaan lainnya agar berperilaku baik dan mengikuti program-program serta pembinaan selama berada di lapas.

“Termasuk yang ada disini supaya mengambil prosedur pembinaan supaya mereka dapat remisi. Nah, harapannya begitu supaya mereka mematuhi apa yang menjadi program di sini yaitu tentang pembinaan,” katanya usai pemberian secara simbolis remisi umum Tahun 2022 kepada narapidana dan anak di lapas setempat, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: Banyuwangi Punya Rehabilitasi Pecandu Narkoba Standar SNI, Berikut Pengelolanya

Sementara itu, Kalapas IIB Bondowoso, Sarwito menjelaskan, syarat warga binaan yang mendapatkan remisi yakni berstatus narapidana, berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman dan minimal menjalani masa hukuman enam bulan.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X