• Sabtu, 1 Oktober 2022

Napi Narkoba Mendominasi Penghuni Lapas Kleas II A Banyuwangi

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:25 WIB
Kepala Lapas Banyuwangi, Wahyu Indarto  saat dikonfirmasi di gedung DPRD Banyuwangi (Hariyadi)
Kepala Lapas Banyuwangi, Wahyu Indarto saat dikonfirmasi di gedung DPRD Banyuwangi (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Narapidana di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi ternyata didominasi napi kasus penyalahgunaan narkoba.

Kepala Lapas Banyuwangi, Wahyu Indarto melaporkan, per Agustus 2022, tahanan di dalam Lapas saat ini mencapai 901 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 60 persennya adalah napi narkoba.

"Bisa dibilang Lapas Banyuwangi sudah melebihi kapasitas. Paling mendominasi adalah perkara narkoba dan undang-undang kesehatan. Per hari ini, perkara narkoba sudah capai 483 orang, sedangkan undang-undang kesehatan 54 orang. Jadi sudah hampir 60 persen," ungkap Wahyu usai mengikuti hearing di DPRD setempat terkait penanganan narkoba, Senin (15/8/2022).

Baca Juga: DPRD Banyuwangi Gelar Paripurna Istimewa Dengarkan Pidato Presiden Jelang Hari Kemerdekaan

Menurut Wahyu, perlu penanganan atau perlakuan khusus untuk dua perkara tersebut. Sehingga dia berharap Banyuwangi punya Banan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK), sebagai wadah untuk merehabilitasi korban dan pelaku penyalahgunaan narkoba.

"Karena pemakai-pemakai ini sebetulnya dalam UU Nomor 35 Tahun 2009, harus dilakukan rehabilitasi. Namun karena BNNK di kabupaten belum ada, sehingga pelaku penyalahgunaan narkoba ini belum bisa diassessmen," tuturnya.

Sementara untuk melakukan assessmen selama ini, kata Wahyu, harus langsung ke BNNP. Dengan adanya BNNK di kabupaten, korban ataupun pelaku bisa direhabilitasi dan tidak harus masuk Lapas.

Baca Juga: Mulai 15 Agustus 2022, Pelanggan KA Jarak Jauh Usia 18 Tahun ke Atas Belum Divaksin Booster Wajib Tes RT-PCR

Wahyu menegaskan, tidak ada penanganan khusus terhadap pelaku penyalahgunaan narkotika di Lapas. Sebab Lapas Banyuwangi bukan Lapas khusus yang menangani perkara narkoba.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X