• Sabtu, 1 Oktober 2022

Masuk Darurat Peredaran Narkoba, Pengiat Anti Narkotika Desak Pembentukan BNN di Kabupaten Banyuwangi

- Senin, 15 Agustus 2022 | 19:14 WIB
Sejumlah aktivis anti narkotika saat hearing mendesak pembentukan BNNK di DPRD Banyuwangi (Hariyadi)
Sejumlah aktivis anti narkotika saat hearing mendesak pembentukan BNNK di DPRD Banyuwangi (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Belum dibentuknya Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) di Banyuwangi mendapat perhatian kalangan aktivis anti narkoba setempat. Setidaknya ada enam Lembaga anti narkoba mendesak Pemerintah daerah agar segera membentuk BNNK beserta struktur organisasinya.

Desakan tersebut cukup beralasan, seiring dengan semakin tingginya penggunaan narkoba di Banyuwangi. Keberadaan BNNK akan membantu proses asessmen rehabilitasi pengguna narkoba di Banyuwangi.

Desakan tersebut disampaikan dalam rapat hearing yang digelar di DPRD Banyuwangi, Senin, 15 Agustus 2022. Hadir dalam rapat hearing enam Lembaga  pegiat anti narkotika di antaranya LRPPN, Badan Anti Narkoba (Baanar) Ansor, Perkumpulan Kelompok Kerja Bina Sehat (KKBS) Banyuwangi, dan Granat.

Baca Juga: DPRD Banyuwangi Gelar Paripurna Penyampaian Nota Pengantar KUPA-PPAS Perubahan APBD Tahun 2022

“Substansi dari public hearing ini adalah terbenytuknya BNNK Banyuwangi,” tegas Pembina LRPPN Banyuwangi, M. Hakim Said.

Hearing  dipimpin Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Ruliono didampingi Michael Edy Haryanto dan diikuti oleh pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Banyuwangi. Dari eksekutif hadir Asisten Pemerintahan Pemkab Banyuwangi Arief Setyawan, perwakilan dari Polresta Banyuwangi, Kejaksaan Negeri Banyuwangi, dan Lapas Banyuwangi.

Hakim menyampaikan, setelah terbentuknya Perda nomor 7 tahun 2020 tentang Fasilitasi Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika Dan Prekursor Narkotika (P4GN) sudah diinisiasi pendirian BNNK di Banyuwangi.

“Hanya terkendala beberapa kajian sebagaimana disampaikan Ibu Bupati pada saat peirngatan HANI  (Hari Anti Narkotika Sedunia) di kantor kami sebulan lalu,” jelasnya.

Baca Juga: KPU Resmi Tutup Tahapan Pendaftaran, 40 Partai Politik Mendaftar Sebagai Peserta Pemilu Tahun 2024

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X