• Sabtu, 1 Oktober 2022

DPRD Banyuwangi Gelar Paripurna Penyampaian Nota Pengantar KUPA-PPAS Perubahan APBD Tahun 2022

- Senin, 15 Agustus 2022 | 08:19 WIB
Bupati Ipuk menyerahkan dokumen KUPA-PPAS Perubahan APBD Tahun 2022 kepada Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara (Hariyadi)
Bupati Ipuk menyerahkan dokumen KUPA-PPAS Perubahan APBD Tahun 2022 kepada Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banyuwangi menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota pengantar Kebijakan Umum Perubahan Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) tahun 2022 oleh Bupati Ipuk Fiestiandani, Jumat (12/8/2022) pekan lalu.

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara dan diikuti anggota dewan dari lintas fraksi.

Hadir dalam rapat paripurna, Bupati Ipuk Fiestiandani, Wakil Bupati (Wabup) Sugirah, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mujiono, serta para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Banyuwangi dan Camat.

Baca Juga: Pulihkan Ekonomi, Beragam UMKM, Kuliner hingga Seni Mejeng di Banyuwangi Art Week

Bupati Ipuk dalam nota pengantarnya menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Banyuwangi tahun 2022 kembali membaik mengingat kondisi pandemi Covid-19 mulai berkurang secara global. Pertumbuhan ekonomi kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini  sebesar 4,08 persen, di atas pertumbuhan ekonomi Jatim sebesar 3,57 persen dan nasional sebesar 3,69 persen.

“Dengan basis pertumbuhan ekonomi yang relatif kuat pada 2021 dan implikasi pertumbuhan ekonomi Jatim dan nasional serta upaya pemulihan ekonomi, diprediksi pada kuartal III dan IV tahun 2022 pergerakan perekonomian Banyuwangi mampu tumbuh mencapai 4,27 persen,” ujarnya.

Bupati Ipuk meminta kepada semua pihak untuk melakukan efisiensi. Beberapa pos anggaran yang dinilai kurang prioritas harus dihapus sehingga anggaran fokus pada pemulihan ekonomi dan penanganan pandemi Covid-19 serta mempercepat vaksinasi Booster.

Selain itu, pemkab akan focus recovery ekonomi. Untuk itu, seluruh belanja pemerintah diarahkan untuk stimulus ekonomi.

Baca Juga: Setelah Vakum Dua Tahun, Karnaval Kebangsaan Banyuwangi Disambut Meriah Warga dan Pelajar

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB
X